Advertorial Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu.

Bupati dan DPRD Rohul Resmikan Tiga Pembangunan di Desa Tapung Jaya

Bupati dan DPRD Rohul Resmikan Tiga Pembangunan di Desa Tapung Jaya

ROHUL - Bupati Rokan Hulu (Rohul) H. Sukiman menghadiri acara Musyawarah Laporan Pertanggungjawaban Tahunan Bumdesa Bunga Sari (MPTB) di Desa Tapung Jaya, Kecamatan Tandun, Kabupaten Rokan Hulu, Riau, Senin (06/1/2020).

Pada saat acara itu,bersamaan dengan peresmian Tribun Mini, Gedung SMP N 4 Tandun  dan Kantor Sekretariat Karang Taruna, serta pemanfaatan Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) desa setempat.

Kedatangan Bupati H.Sukiman bersama Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Hj.Peni Herawati Sukiman dan rombongan disambut dengan meriah oleh ratusan masyarakat Desa Tapung Jaya Kecamatan Tandun dengan payung merah putih, hasil dari usaha dari Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Bunga Sari di Desa Tapung Jaya.

Dalam acara tersebut turut hadiri,Anggota DPRD Rohul Patrun Rahman, Kepala Dinas PUPR Anton, Kepala Dinas  Perhubungan Andi Yanto SH, MH, Kepala Dinas  PMPD Margono, Camat Tandun Muhammad Rodi, Kepala Desa  Se-Kecamatan Tadun, Manager PT. Rohul Sawit Industri (RSI), Pengurus dan Anggota  BUMDes Bunga Sari, tokoh masyarakat, Agama, Pemuda serta ratusan masyarakat Desa Tapung Jaya.

Pada laporannya Kades Tapung Jaya Kusnadi menyampaikan bahwasanya, sejak berdirinya BUMDes Bunga Sari, saat ini sudah maju, karena sesuai dari hasil laba yang di peroleh sudah mencapai Rp 135.845.367.

Pencapaian hasil BUMDes ini Lanjutnya, didapatkan melalui usaha simpan pinjam yang dijalankan selama ini, namun atas keberhasilannya ini, tidak lepas juga dari permasalahan yang dihadapi seperti tunggakan yang relatif tinggi, banyaknya daftar tunggu calon pemanfaat. 

"Keberhasilan ini, meski ada juga tunggakan, tetap dari Pengurus BUMDes dapat mengatasi dengan cara persuasif, dengan mendatangi rumah pemanfaat, memberikan surat peringatan satu sampai tiga kali, bila memungkinkan akan kami jadwal ulang kembali pinjamannya," kata Kades Kusnadi. 

Dijelaskan Kades Tapung Jaya, dari hasil laba yang didapat, juga akan dipergunakan untuk membantu masyarakat yang membutuhkan, seperti bantuan kambing 12 ekor pada warga yang tidak mampu, kemudian bantuan karpet untuk 5 Masjid. 

Sementara itu, Bupati Rokan Hulu H.Sukiman dalam sambutannya merasa bangga dengan keberhasilan BUMDes Bunga Sari Desa Tapung Jaya, sampai saat ini telah berhasil mengembangkan dana BUMDes nya, dari dana 400 juta rupiah menjadi  meningkat hingga 1 milyar lebih. 

"Dari keberhasilannya ini, tidak lepas dari keseriusan pengurus BUMDes Bunga Sari Desa Tapung Jaya, tentu harapan kita kedepan untuk terus ditingkatkan lagi, karena BUMDes adalah salah satu program Pemerintah untuk meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat," kata Bupati Rokan Hulu.

"Mari kita bersama sama membangkitkan daerah kita, karena dengan kebersamaan itu semua bisa tercapai," tambah Sukiman menghimbau.

Diakhir sambutannya Bupati Rokan Hulu mengaku bangga dengan masyarakat Desa Tapung Jaya, sehingga kedepan Pemkab Rokan Hulu akan terus meningkatkan pembangunan jalannya, bersamaan dengan Desa dan Kelurahan lain di Tahun 2020 ini.

"Mari kita tetap semangat membangun Desa Menata Kota dalam sebuah kebersamaan untuk kemajuan Kabupaten Rokan Hulu ini kedepan," pungkasnya.

Pada kesempatan itu, terlihat Bupati Rokan Hulu H.Sukiman menyerahkan secara simbolis bantuan kambing 12 ekor bagi warga tidak mampu, 5 buah karpet Masjid, serta juga menyerahkan bantuan uang tunai dari Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Rohul Hj. Peni Herawati Sukiman sebesar Rp 2 juta untuk usaha Dendeng Daun Ubi, yang menjadi usaha prioritas BUMDesa Bunga Sari Desa Tapung Jaya.

Selain itu juga, Bupati Sukiman sekaligus meresmikan pemanfaatan bangunan Tribun Mini Bola Kaki, Laboratorium SMP N 4 Tandun, dan Pamsimas.***(Adv-Pemkab Rohul)


Berita Lainnya

Index
Galeri