PEKANBARU

Firdaus Ingatkan Camat dan Lurah Tingkatkan Pelayanan Masyarakat

Rapat Koordinasi (Rakor) Camat, Lurah, LPM dan Forum Komunikasi (FK) RT/RW se-Kota Pekanbaru.

PEKANBARU - Wali Kota Pekanbaru, Dr. H. Firdaus, ST.MT menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Camat, Lurah, LPM dan Forum Komunikasi (FK) RT/RW se-Kota Pekanbaru, yang dilaksanakan di Hotel Pengeran Pekanbaru, Senin (23/12/2019).

Dalam kesempatan ini, Wali Kota menyampaikan pentingnya melaksanakan rakor ini adalah untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat guna menuju Kota Pekanbaru yang Smart City.

Selain itu, Rakor ini kata Wali Kota juga penting untuk meningkatkan kemampuan kepemimpinan para Camat dan Lurah serta pemahaman tugas pokok dan fungsi dari aparatur kecamatan dan kelurahan.

"Rakor ini juga sebagai wadah koordinasi program Pemerintah Kota Pekanbaru di tingkat Kecamatan dan Kelurahan," ujar Wali Kota.

Sesuai Undang-undang nomor 23 tahun 2014 pasal 225 tentang tugas camat dan pasal 229 tentang tugas lurah dalam membantu camat, Wali Kota mengingatkan bahwa tugas yang dilimpahkan dalam menangani sebagian urusan otonomi daerah, maka camat harus mampu mengkoordinasikan kegiatan pemberdayaan masyarakat, penyelenggaraan ketentraman dan ketertiban umum, penerapan dan penegakan Perda, pemeliharaan sarana dan prasarana pelayanan umum, menyelenggarakan kegiatan pemerintahan, dan membina serta mengawasi penyelenggaraan pemerintahan.

"Tugas camat dan lurah sebagai satuan kerja perangkat daerah terdepan sangatlah kompleks. Ditambah lagi dengan tuntutan masyarakat untuk memberikan pelayanan prima, maka berikanlah pelayanan yang memuaskan demi berkembangnya suatu kota menjadi kota modern," kata Wali Kota.

Selain itu, Wali Kota juga meminta kepada Camat dan Lurah untuk mampu membangun kedisiplinan dan performance yang baik.

"Saudara harus mampu melakukan koordinasi dan kerjasama yang baik dengan semua unsur, antara lain Upika, KUA, UPTD, Puskesmas serta para tokoh-tokoh masyarakat. Jadi melalui rakor ini saya menghimbau kepada peserta rakor agar dapat memanfaatkan acara ini sebagai media koordinasi, sekaligus optimalisasi peran Camat, Lurah, LPM dan FK RT/RW agar dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat menuju Kota Pekanbaru Smart City," imbau Wako.

Turut hadir dalam rakor ini, Ketua DPRD Pekanbaru, Ketua Pengadilan Negeri Pekanbaru, Kapolreta Pekanbaru, Dandim 0301 Pekanbaru, Sekretaris Kota Pekanbaru, para asisten di lingkungan Pemko Pekanbaru, Inspektorat, Ketua MUI Pekanbaru, Kepala Dinas, Kepala Badan serta Kepala Bagian di lingkungan Pemko Pekanbaru, Camat se-kota Pekanbaru, Kapolsek, Danramil, KUA se-Kota Pekanbaru, Lurah se-Kota Pekanbaru, Ketua LPm Kota Pekanbaru dan hadirin undangan lainnya.



[Ikuti Terus Riaurealita.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : +62 0823 8944 0487
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Riaurealita.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan

Video