KPK Cari Jubir Baru, Febri Diansyah ke Mana?

KPK Cari Jubir Baru, Febri Diansyah ke Mana?

JAKARTA - Sejak menjabat sebagai Kepala Biro Hubungan Masyarakat (Kabiro Humas) di KPK pada Desember 2016, Febri Diansyah sekaligus memiliki tugas sebagai juru bicara (jubir) bagi lembaga antikorupsi itu. Namun kini KPK dengan kepemimpinan baru ingin agar posisi jubir diisi oleh wajah lain.

"Selama ini karena tidak ada (jubir) maka Kabiro Humas yang merangkap sebagai jubir. Ke depan semua struktur akan kita lengkapi," ujar Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron dilansir Detik.com, Senin (23/12/2019).

Lantas bagaimana nasib Febri yang selama ini menjadi jubir KPK? Febri kemungkinan akan tetap bekerja sebagai Kabiro Humas KPK. Tugas jubir akan diemban orang baru sebagai suara perwakilan dari KPK ke publik.

Jabatan Kabiro Humas di KPK berada di bawah kepemimpinan Sekretariat Jenderal yang bertugas pada urusan kehumasan. Tugas-tugas lain untuk Kabiro Humas biasanya sebagai jembatan komunikasi terkait kebijakan dan hasil pelaksanaan pemberantasan korupsi secara internal maupun eksternal.

Sementara untuk jubir sebenarnya merupakan jabatan fungsional yang dapat dilekatkan pada pejabat struktural manapun. Untuk di KPK, posisi jubir memang biasanya dilekatkan pada Kabiro Humas.

Kembali pada keterangan Nurul. Dia menyebut selain posisi itu, ada 6 jabatan lain yang saat ini masih kosong. Enam jabatan tersebut adalah Deputi Penindakan, Direktur Penyelidikan, Deputi Informasi dan Data, Direktur Pengolahan Informasi dan Data, Kepala Sekretariat Pengawasan Internal dan Pengaduan Masyarakat, Koordinator Sekretaris Pimpinan.

"Struktur KPK sampai saat ini ada 6 yang belum ada pejabat definitifnya, termasuk jubir sampai saat ini sesungguhnya belum ada jubir khususnya. Jadi bukan hanya mencari jubir tapi mencari 6 pejabat definitif sesuai struktur yang ada perlu dilengkapi," kata Nurul.

Sementara itu KPK saat ini memang dipimpin wajah baru yaitu Firli Bahuri, Nurul Ghufron, Lili Pintauli Siregar, Alexander Marwata, dan Nawawi Pomolango yang sudah resmi dilantik pada Jumat (20/12) kemarin. Selain itu organ baru di KPK bernama Dewan Pengawas turut dilantik yang diisi Tumpak Hatorangan Panggabean, Harjono, Syamsuddin Haris, Albertina Ho, dan Artidjo Alkostar.


Berita Lainnya

Index
Galeri