Hati-hati! 3 Jenis Minuman Ini Bisa Bikin Kulkas Meledak

Hati-hati! 3 Jenis Minuman Ini Bisa Bikin Kulkas Meledak

JAKARTA - Menyimpan minuman dalam lemari es memang sering dilakukan banyak orang. Terkadang, mereka yang ingin cepat minum minuman dingin memilih menyimpan minuman ke dalam freezer.

Hati-hati, tidak semua minuman bagus disimpan dalam freezer. Ada tiga minuman yang tidak boleh disimpan di dalam freezer, karena bisa membuat kulkasmu meledak. Apa saja?

1. Minuman berkarbonasi

Minuman berkarbonasi sangat berbahaya jika disimpan dalam freezer. Minuman ini bisa menjadi bom instan ketika membeku. Pada suhu yang sangat dingin, karbondioksida akan mengembang, sebelum akhirnya meledak karena tidak memiliki cukup ruang dan terus menerima tekanan tinggi.

2. Alkohol

Minuman yang mengandung alkohol sebenarnya tidak berbahaya jika disimpan dalam freezer, asal botol kemasan telah dibuka sebelumnya. Pembekuan botol yang belum dibuka dari anggur dan bir bisa menciptakan kombinasi tekanan dan ekspansi, hal itu bisa menyebabkan ledakan.

3. Dry ice

Es kering akan berbahaya jika disimpan dalam freezer dengan suhu lebih rendah dari -18 derajat. Hal ini terjadi karena sublimasi es kering dipercepat pada kecepatan mencapai 600-800 kali dari bentuk padat.

Meski jarang meledak, pengambilan dry es menggunakan tangan kosong tidak disarankan karena bisa membuat kita terkena radang dingin parah.


Berita Lainnya

Index
Galeri