Tingkatkan Hasil Panen Babinsa Bantu Petani Membersihkan Gulma Pada Tanaman Jagung.

Tingkatkan Hasil Panen Babinsa Bantu Petani Membersihkan Gulma Pada Tanaman Jagung.

 

TELUKKUANTAN-Untuk meningkatkan kerja sama yang baik antara TNI dan Masyarakat, Babinsa membantu masyarakat membersihkan Gulma-gulma pada tanaman jagung .

Bertempat di RT 001 RW 003 Desa Tanjung Medan Kecamatan Cerenti Babinsa Koramil 06/Cerenti Kodim 0302/Inhu Serka M. Amin melaksanakan pendampingan petani  dalam pembersihan gulma dilahan milik Burhan (51) seluas 0,5 hektar dengan tanaman jagung.

Serka M. Amin menjelaskan gulma adalah salah satu kendala utama dalam memperoleh hasil yang tinggi dalam budidaya tanaman jagung. 

“Persaingan gulma dengan tanaman dalam stadia pertumbuhan hingga masa pematangan sangat besar sekali pengaruhnya terhadap penurunan hasil panen”, jelasnya, Minggu (22/12/2019).

Gulma dapat menurunkan hasil panen karena adanya persaingan antara gulma itu sendiri dengan tanaman jagung, dalam pengambilan unsur hara, air dan cahaya. 

Di samping itu ada beberapa gulma yang dapat dijadikan tanaman inang oleh hama dan penyakit pada tanaman, sehingga kalau kita membiarkan gulma tumbuh tanpa dikendalikan, jelas kerugian akan kita dapatkan termasuk kerugian akibat peledakan hama dan penyakit, ujar Serka M. Amin

"Kerja sama dan saling membantu yang baik bisa mendapatkan hasil yang maksimal, dalam pembersihan Gulma-gulma pada tanaman ini bisa mengurangi dari penyakit-penyakit yang akan menyerang tanaman jagung",Ungkap Burhan.


Berita Lainnya

Index
Galeri