Demam Berdarah dan Tifus, Sejenis Tapi Tak Serupa, Ini Penjelasannya

Demam Berdarah dan Tifus, Sejenis Tapi Tak Serupa, Ini Penjelasannya

Penderita tifus dan demam berdarah seringkali tidak bisa dibedakan mengingat kondisi demam yang sama-sama dialami olehnya. Baik tifus maupun demam berdarah sama-sama ditunjukkan oleh demam tinggi yang menyerang penderitanya. Hanya saja, keduanya meski tampak serupa namun benar-benar berbeda.

Hal ini akan berdampak pada langkah pengobatan dimana pengobatan demam berdarah dan tifus tidaklah sama. Lalu, bagaimana cara membedakan tifus dan demam berdarah? Sebelum diulas lebih lanjut, kunjungi dulu laman berikut ini https://www.guesehat.com/ketika-demam-berdarah-perlukah-antibiotik 

Rasa Nyeri

Sejenis tapi tak sama, meski sama-sama memberikan sensasi demam, tifus dan demam berdarah dengue tidak sama. Sebab, ada perbedaan antara kedua penyakit tersebut yang bisa kita pahami untuk memilih obat yang tepat. Salah satunya yakni dari rasa nyeri yang didapat ketika mengalami demam.

Pada penderita demam berdarah, rasa nyeri akan terasa di bagian ulu hati. Rasa sakit yang didapat juga terasa sangat khas dan luar biasa sakit. Sementara itu, sensasi berbeda akan dirasakan oleh penderita tifus. Penderita tifus tidak akan merasakan sakit yang luar biasa pada area ulu hatinya. Hanya saja, penderita tifus akan merasakan tidak nyaman pada area perut meski tidak menimbulkan rasa sakit yang luar biasa hebat. 

Tingkat Keparahan

Baik tifus maupun demam berdarah akan membuat para penderitanya tidak nyaman. Demam tinggi akan membuat tubuh lemas hingga kehilangan kesadaran. Hanya saja, meski keduanya serupa, tingkat keparahan yang terjadi diantara keduanya tidaklah sama.

Penyakit demam berdarah cenderung memiliki tingkat keparahan yang lebih tinggi dibandingkan penyakit tifus. Sebab, apabila tifus diobati dengan benar dan tuntas, penyakit tersebut akan sembuh. Sementara itu, demam berdarah tergolong lebih parah karena membutuhkan penanganan yang segera.

Apabila penanganan seperti infus atau transfusi berjalan lambat, maka akibatnya bisa fatal dan dapat berujung pada kematian. Sehingga, cara terbaik untuk mengatasi keduanya yakni dengan melakukan pengobatan sedini mungkin.

Memahami perbedaan antara tifus dan demam berdarah sangat penting agar tidak salah pengobatan. Tapi, lengkapi juga ilmu pengetahuan Anda seputar dunia kesehatan dengan rutin membaca info kesehatan terbaru dari guesehat.com.*


Berita Lainnya

Index
Galeri