Polusi Udara di Jakarta Dapat Teratasi dengan Lima Langkah Ini

Polusi Udara di Jakarta Dapat Teratasi dengan Lima Langkah Ini

Dampak terburuk dari kualitas udara yang tidak sehat adalah gangguan pernafasan dan kematian. Saat ini, polusi udara di Jakarta menempati posisi keempat sebagai kota dengan kualitas udara terburuk di dunia.

Polusi udara yang buruk tersebut mengandung nitrogen dioksida, sulfur dioksida, timbal, partikel padat dan cair, serta karbon monoksida. Selain itu, debu jalanan dan meningkatkatnya populasi kendaraan menjadi pemicu buruknya kualitas udara.

Jangan heran jika penyakit seperti jantung, kanker paru-paru, asma, stroke hingga kelahiran prematur menjadi penyakit paling menakutkan yang bisa menyerang manusia akibat buruknya kualitas udara.

Kendati demikian, kita bisa mengurangi atau meminimalisasi polusi udara buruk itu dengan lima langkah sederhana di bawah ini.

Menggunakan Sarana Transportasi Umum

Sarana transportasi umum dapat menngurangi polusi udara di Jakarta. Pasalnya, layanan tranporatasi di Jakarta telah mengalami kemajuan. Sebut saja kerete rel listrik (KRL), TransJakarta, dan Mass Rapid Transit (MRT). Ketiga transportasi umum itu bisa menjadi solusi mengurangi kualitas udara yang tidak sehat di Jakarta.

Belajar Meminimalisasi Penggunaan Kendaraan Pribadi

Bagi Anda yang memiliki kendaraan pribadi dan berpergian menggunakan motor atau mobil, sebaiknya gunakan layanan transportasi umum. Dengan demikian, pencemaran udara akibat pembuangan asap kendaraan dapat teratasi. Langkah ini, akan efektif jika kesadaran itu dijadikan aksi.

Mengendari Sepeda Atau Berjalan Kaki

Berikutnya, jika jarak tempuh ke suatu tempat tergolong dekat, Anda bisa berjalan kaki atau bersepeda. Melakukan aktivitas fisik tak harus dengan olahraga berat. Dengan berjalan kaki atau bersepeda, selain mampu mengurangi stress, Anda juga telah membantu mengurangi polusi udara di ibu kota.

Melakukan Servis Kendaraan Secara Berkala

Salah satu penyebab buruknya kualitas udara adalah tidak memerhatikan perawatan kendaraan pribadi. Nah, jika Anda memiliki kendaraan pribadi, sudah sepatutnya Anda menjaga dan merawat mesin kendaraan Anda secara berkala. Mesin kendaraan yang tak diperhatikan menjadi faktor lain yang dapat mencemarkan udara. 

Ciptakan Penghijauan di Lingkungan Rumah

Cara sederahan menakan tingginya polusi udara di Jakarta, yakni dengan membuat lingkungan rumah menjadi hijau. Dengan kata lain, membuat halaman rumah menjadi hijau akan membuat udara menjadi lebih sehat. 

Namun, tak semua orang memilki halaman yang luas. Jika halaman rumah Anda tergolong kecil, Anda masih bisa melakukan penghijauan di lingkungan rumah Anda, yaitu dengan cara hidropnik.

Lima langkah di atas merupakan langkah paling sederhana dalam meminimalisasi polusi udara di ibu kota. Nah, ketika kita berangkat dari kesadaran diri sendiri untuk mengatasi polusi udara, hasilnya kita bisa menghirup udara yang segar dan kualitas udara semakin membaik.

Namun, jika tidak ada kesadaran di dalam diri, kualitas udara yang buruk mampu menjadi sumber penyakit seperti gangguan pernapasan, iritasi saluran pernapasan, penurunan funsgi paru-paru, asma hingga serangan jantung.

Oleh karen itu, lima langkah di atas menjadi faktor penunjang untuk hidup sehat. Selain itu, Anda juga memerlukan produk asuransi jiwa dengan cara membelinya. Untuk memilih asuransi jiwa yang terpercaya, asuransi jiwa paling terkemuka Zurich Indonesia menyediakan layanan bernama Zurich Proteksi 8. 

Zurich Proteksi 8 adalah asuransi jiwa modern yang memberikan perlindungan bagi jiwa Anda selama 8 tahun. Selain itu, kelebihan asuransi jiwa Zurich Protkesi 8 juga menjamin pengembalian premi sebesar 108 persen. Dengan kata lain, Anda beserta keluarga tak perlu cemas jika hal buruk menimpa keluarga Anda. ***


Berita Lainnya

Index
Galeri