Jangan Sampai Luka Jadi Infeksi, Kenali Beberapa Tandanya Sebagai Berikut

Jangan Sampai Luka Jadi Infeksi, Kenali Beberapa Tandanya Sebagai Berikut
Foto: Ilustrasi

Untuk mencegah terjadinya infeksi, kita perlu melakukan langkah pengobatan segera dengan menggunakan obat luka bakar knalpot. Di samping itu, pencegahan infeksi juga perlu dilakukan dengan memahami tanda-tanda terjadinya hal tersebut. Apa sajakah tanda-tanda infeksi yang perlu diwaspadai? Sebelum lanjut, jangan lupa untuk membaca artikel salep untuk luka lama sembuh dari Guesehat.com ya?

Pembengkakan

Saat memiliki luka, kita tentu akan berusaha untuk memulihkan luka sampai benar-benar tertutup dan bisa beraktivitas secara normal. Penanganan luka juga dilakukan untuk mencegah terjadinya infeksi yang berdampak pada komplikasi lainnya yang berbahaya bagi tubuh manusia. Tak terkecuali proses pembengkakan yang perlu diwaspadai karena bisa menjadi pertanda terjadinya infeksi pada luka.

Dalam proses pemulihan luka, pembengkakan adalah hal yang normal pada tahap awal penyembuhan luka. Namun, seharusnya pembengkakan pada area luka terus berkurang seiring berjalannya waktu. Pembengkakan yang terjadi secara konsisten atau bahkan semakin parah dapat menjadi pertanda infeksi lebih lanjut atau komplikasi lain.

Muncul warna kemerahan sekitar luka

Rasa nyeri ketika memiliki luka merupakan hal yang wajar. Biasanya, luka juga akan diikuti oleh peradangan pada area sekitar luka sebagai reaksi yang wajar. Namun, bukan berarti Anda bisa menyepelekan adanya peradangan pada area sekitar luka.

Pada awalnya, luka akan tampak merah karena proses penyembuhan inflamasi alami, tetapi kemerahan itu akan berkurang secara bertahap sekitar 5-7 hari. Kemerahan di sekitar luka yang terus membesar dan memburuk adalah tanda infeksi luka. Anda dapat melacak apakah warna merah memanjang dengan mengambil foto atau menggambar garis di sekitar area merah dengan spidol dan memeriksa untuk melihat apakah warna kemerahan melewati garis tersebut.

Pertanda di atas perlu Anda waspadai agar luka tidak berubah menjadi infeksi yang semakin parah. Selain itu, lengkapi juga pengetahuan Anda seputar kesehatan dengan rutin membaca info kesehatan yang paling update dan terpercaya dan membeli obat salep hemolok gel melalui apotik bebas tanpa resep.*


Berita Lainnya

Index
Galeri