249 CPNS Pemkab Rohul Golongan III Ikuti Latsar di Dua Lokasi

249 CPNS Pemkab Rohul Golongan III Ikuti Latsar di Dua Lokasi

PASIRPENGARAIAN - Sebanyak 249 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), diberi pembekalan Pelatihan Dasar Formasi Umum yang diadakan di dua lokasi.

Dikatakan Plt Kepala Badan Ke‎pegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Rohul H. Helfiskar SH, MH, Pelatihan Dasar CPNS se-Riau di Baso Kabupaten Agam, Sumatera Barat, diikuti‎ 100 CPNS Formasi Umum Golongan III di lingkungan Pemkab Rohul.

Pelatihan‎ Dasar di Hotel Gelora Bhakti Pasirpangaraian sendiri diikuti sebanyak 149 CPNS Formasi Umum Golongan III di lingkungan Pemkab Rohul.

"Untuk 49 CPNS Formasi Umum Golongan III menyusul untuk pelatihan dasarnya," kata Helfiskar kepada riauterkinicom di sela Pelatihan Dasar CPNS Formasi Umum di Lingkungan Pemkab Rohul tahun anggaran 2019 di Pasirpangaraian, Jumat (11/10/2019) kemarin.

Helfiskar‎ mengakui, untuk CPNS Formasi Golongan III yang mengikuti pelatihan dasar ini dari formasi tenaga guru, dokter dan tenaga teknis. Sedangkan CPNS Formasi Golongan II sendiri sebagian besar merupakan tenaga kesehatan.

Di pelatihan Dasar CPNS Formasi Umum di H‎otel Gelora Bhakti Pasirpangaraian dibuka oleh Bupati Rohul H. Sukiman, dihadiri Asisten III Setdakab Rohul Dipendri, Plt Kepala BPSDM Provinsi Riau Joni Irwan, sejumlah pimpinan OPD di lingkungan Pemkab Rohul, serta Danramil 02 Rambah Kapten Inf Khasmir.

Bupati Sukiman dalam sambutannya meminta seluruh CPNS serius mengikuti pelatihan dasar selama 21 hari, sehingga mereka menjadi PNS yang lebih baik ke depannya.

‎Bupati Sukiman lebih menekankan kedisiplinan kepada para CPNS, sehingga mereka benar-benar siap menjadi seorang PNS di lingkungan Pemkab Rohul, apalagi mereka akan melayani banyak masyarakat setelah menjadi abdi negara nanti.

Bupati juga sempat marah saat melihat masih ada CPNS pria yang berambut gondrong di pelatihan dasar tersebut. Menurutnya, seorang CPNS bukan hanya harus disiplin, namun harus menjaga kerapian dan penampilan.

Usai acara, Bupati Rohul Sukiman mengatakan, agar CPNS seperti prajurit militer yang baru masuk, sehingga perlu dibangun kedisiplinan yang baik kepada mereka sebelum bekerja.

Juga perlu ditanamkan jiwa Pancasila kepada para CPNS, sehingga mereka juga mengetahui 36 butir Pancasila yang isinya bagus untuk diterapkan di kehidupan bermasyarakat dan bernegara

"Apalagi dia sebagai calon PNS, harus dibegitukan‎, nanti enak sendiri dia," tegas Bupati Sukiman.

Bupati menyatakan, ada beberapa hal yang perlu ditekankan kepada CPNS di pelatihan dasar yang dilaksanakan selama 21 hari, yaitu kepribadian, kedisiplinan, dan kesehatan fisik juga harus dijaga, baik itu kesehatan moral dan kesehatan jasmani.

Bupati menekankan kepada CPNS Pemkab Rohul yang tengah mengikuti pelatihan dasar ini untuk menjaga kesehatannya, serta menjaga pola makan dan istirahat yang cukup, sehingga mereka tetap fit mengikuti pelatihan.

"Kalau orangnya pinter‎, ganteng, cantik, tapi kalau sakit-sakitan, batuk terus susah juga bekerja," pungkas Bupati Rohul, Sukiman.***(DS)


Berita Lainnya

Index
Galeri