Serda Firman Anggota Koramil 06/Cerenti Patroli Karhutla.

Serda Firman Anggota Koramil 06/Cerenti Patroli Karhutla.

TELUKKUANTAN- Anggota Koramil 06/Cerenti Serda Firman melaksanakan Patroli Karhutla di Kelurahan Koto Peraku Kecamatan Cerenti Kabupaten Kuantan Singingi Riau.


Patroli ini dilaksanakan oleh Babinsa secara bergantian dengan fokus sasaran adalah wilayah rawan Karhutla. "Setiap Babinsa kita intruksikan untuk berpatroli rutin secara bergantian di wilayah desa binaan masing-masing. Ini dilakukan untuk antisipasi terjadinya Karhutla," kata Serda Firman pada Riaurealita.com, Kamis (10/10/2019).

Selain patroli rutin kata Danramil, Babinsa juga melakukan sosialisasi tentang bahaya dan sanksi bagi para pelaku Karhutla. "Bahayanya sudah jelas, membuka lahan dengan cara dibakar akan menimbulkan kabut asap yang berdampak pada ISPA. Kalau sanksinya adalah denda miliaran rupiah dan penjara," kata Firman sambil mengimbau kepada masyarakat agar tidak membuka lahan dengan cara dibakar.

Intruksi Danramil ini ditindaklanjuti oleh para Babinsa Koto Peraku. Seperti yang dilakukan oleh Babinsa Kelurahan Koto Peraku Serda Firman melaksanakan patroli Karhutla seputaran wilayah kecamatan Cerenti.

"Patroli karhutla ini merupakan agenda rutin kita setiap masuk musim kemarau. Tujuannya untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan," kata Firman.

Di sela-sela patroli, Firman bersama tim melakukan sosialisasi Karhutla kepada warga yang dijumpai selama patroli. "Saat ketemu warga yang berkebun langsung kita hampiri. Kita ingatkan dan sarankan agar tidak membersihkan kebun dengan cara dibakar. Alhamdulillah, warga mau mendengarkan saran kita," 


Berita Lainnya

Index
Galeri