Desa Aliantan Terpilih Jadi Desa Wisata Terbaik di Riau

Desa Aliantan Terpilih Jadi Desa Wisata Terbaik di Riau

PASIRPENGARAIAN - Kabupaten Rokan Huhu (Rohul) kembali meraih penghargaan. Kali ini penghargaan diraih melalui Desa Aliantan Kecamatan Kabun, yang terpilih sebagai Desa Wisata Terbaik di Provinsi Riau 2019.

Prestasi ini mengantarkan desa Aliantan mewakili Riau ke Tingkat Nasional. Penghargaan ini setelah Suligi Hill 812 MDPL di Desa Aliantan masuk nominasi di Anugerah Pesona Indonesia (API) 2019.

Prestasi membanggakan kembali menunjukkan eksistensi Kabupaten Rohul, karena dari 12 kabupaten/ kota di Provinsi Riau, dan menjadi perhatian semua mata yang hadir di acara sempena Hari Jadi ke-62 Provinsi Riau pada Kamis malam (9/8/2019).‎

Diakui Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Rohul Drs. Yusmar M. Si, gelar juara pertama sebagai Desa Wisata Tingkat Provinsi Riau 2019 diterima Desa Aliantan tentunya melalui proses penilaian dilakukan Tim Juri.

"Sudah sepantasnya Desa Aliantan terpilih sebagai Desa Wisata terbaik. Ini semua tidak terlepas dari kerja keras Pokdarwis bersama pemerintah Desa Aliantan tentunya," jelas Yusmar wartawan Sabtu (10/8/2019).

Kata Yusmar , desa wisata adalah suatu daerah tujuan wisata atau destinasi wisata yang mempunyai daya tarik wisata terintegrasi, meliputi fasilitas pariwisata, fasilitas umum, aksessibilitas, serta struktur kehidupan masyarakat yang menyatu dengan cara dan tradisi yang berlaku.

"Desa wisata mempunyai destinasi wisata yang didukung sarana dan pasarana, pengelola bersifat lokal, serta didukung elemen dan komponen masyarakatnya," terangnya.

Atas prestasi itu Desa Aliantan meraih piagam dan penghargaan serta uang pembinaan yang diserahkan langsung Gubernur Riau Drs. H. Syamsuar M.Si, kepada Kepala Desa Aliantan M. Rois, di acara malam puncak Pemilihan Bujang Dara Riau 2019 di Hotel Pangaren Pekanbaru, Kamis malam.

Yusmar bukan hanya senang dan gembira, ia juga mengucapkan terima kasih kepada Bupati, Sekda, serta OPD terkait dan Dispar Provinsi Riau yang telah ikut membantu sektor pariwisata di Kabupaten Rohul selama ini.

"Prestasi ini merupakan buah kerjasama yang harus dipelihara dan dijaga. Kita boleh berbangga, namun perlu diikuti dengan usaha agar prestasi ini dapat dipertahankan sekaligus memacu diri untuk berbuat lebih baik lagi," pesan Yusmar.

Dengan terpilih sebagai juara pertama di Provinsi Riau, menurut Yusmar, tentu Desa Wisata Aliantan mewakili Riau untuk bersaing di tingkat nasional, atau tingkat yang lebih tinggi dan bergengsi lagi.‎

Yusmar juga mengatakan, bahwa semua itu memerlukan perbaikan dan peningkatan lebih baik dalam melaksanakan dan memelihara desa wisata, sebagaimana persyaratan ditentukan.‎

"Semoga desa-desa wisata lain akan lahir di Kabupaten Rohul untuk berkontrubusi bagi kemajuan pembangunan di Negeri Seribu Suluk ini," harap Yusmar".

Bupati Rokan Hulu H. Sukiman dan Sekda Kabupaten Rohul H. Abdul Haris S.Sos, M.Si, mengucapkan selamat kepada Desa Aliantan atas pertasi diterima, yakni sebagai Desa Wisata terbaik di Riau 2019.

Bupati Sukiman sendiri merasa gembira dan terima kasih ke semua pihak atas prestasi yang baru diraih tersebut. Menurutnya, hal itu sebagai bukti kerja dan pengakuan nyata atas usaha yang dilakukan Desa Aliantan selama ini.***(ds)


Berita Lainnya

Index
Galeri