Ke Mana Perginya Hewan-Hewan Saat Hari Kiamat Nanti?

Ke Mana Perginya Hewan-Hewan Saat Hari Kiamat Nanti?

Kita mungkin terkadang bertanya tanya hewan nanti pada hari kiamat apakah juga akan dihisab? Kemudian apakah juga akan masuk surga dan neraka? Lalu bagaimana cara kita menebus dosa kita ketika pernah menyakiti hewan?

Para pembaca yang dimuliakan allah ternyata allah telah menegaskan hal tersebut dalam al-qur’an surat at takwir, Allah subhanahu wa ta’ala berfirman:

“Dan apabila binatang-binatang liar dikumpulkan” (At-Takwir/5)

Juga Firman Allah Subhanahu wa Ta’ala:

“Dan tidak ada seekor binatang pun yang ada di bumi dan burung-burung yang terbang dengan kedua sayapnya, melainkan semuanya merupakan umat-umat (juga) seperti kamu. Tidak ada sesuatu pun yang Kami luputkan di dalam Kitab, kemudian kepada Tuhan mereka dikumpulkan.” (Al-An’am/38)

“Ibnu Abbas Radhiyallahu anhu menjelaskan : akan dikumpulkan segala sesuatu sampai lalatpun”

Dan Hewan-hewan pada hari kiamat setelah dibangkitkan akan ditegakkan pengadilannya satu dengan yang lain. Hal ini sebagaimana yang disebutkan oleh Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam dari hadits riwayat abu hurairah radhiyallahu anhu bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda:

“Benar-benar akan ditegakkan hak-hak itu kepada para pemiliknya pada hari kiamat sampai sampai kambing tidak bertanduk (didunia) akan membalas kambing yang bertanduk (didunia).” (H.R. Muslim) [Bab al-bir wal silah wal adab no. 4679]

Dan juga disebutkan dalam hadits:

“Ketika Allah mengadili diantara makhluknya para jin, manusia dan hewan-hewan, dan sungguh Dia pada hari itu akan menegakkan hukum bahakan kepada kambing yang ditanduk dan kambing yang menanduk, sampai ketika sudah tidak tersisa lagi hak satu kepada yang lain maka allah mengatakan : Jadilah kalian (wahai para hewan) debu (yang berterbangan), maka saat itu orang kafir mengatakan : duhai sekiranya aku menjadi debu saja.

Berkata syaikh al Albani (pakar ahli hadits) tentang hadits ini bahwa hadits tersebut shahih. [Lihat kitab silsilah as shahihah jilid 4 hal 966 nomer hadits 1966].

Sudah menjadi kewajiban bagi seorang muslim berbuat baik lemah lembut terhadap hewan dan tidak menyiksanya, bahkan ada seorang perempuan yang masuk kedalam neraka disebabkan seekor kucing.

Diriwayatkan oleh Imam al-Bukhari dari sahabat Ibnu Umar radhiyallahu anhu dari Nabi shallallahu alaihi wasallam beliau bersabda:

“Ada seorang wanita yang masuk neraka karena kucing, dia mengikatnya dan tidak memberinya makan dan tidak juga membiarkannya berkeliaran untuk bisa mencari makan dari makananya yang ada dibumi.” [Lihat shahih al-bukhari kitab bad’u al-khalqi nomer hadits 3071]

Dan ada pula seorang (maaf) pelacur yang diampuni oleh Allah karena telah berbuat baik terhadap seekor anjing. Berdasarkan hadits dari abu hurairah radhiyallahu anhu bersabda Nabi shallallahu alaihi wasallam:

“Ketika ada seekor anjing yang menjilati tanah karena hampir mati kehausan, ketika itu ada seorang pelacur dari para pelacur yang hidup zaman bani isra’il, kemudian dia melepas sepatunya dan memberikan minum kepadanya, maka allah mengampuninya atas perbuatannya tersebut”. [Lihat di kitab hadits al anbiya’ nomer hadits 3208]

Dan apabila sudah terlanjur pernah menyakiti hewan maka wajib bertaubat kepada Allah azza wa jalla karena Dialah Rab dari hewan-hewan tersebut, dan Dialah yang memberikan sang pemberi tanggung jawab kepada kita untuk menyayangi binatang, kecuali apabila binatang tersebut membahayakan nyawa kita.


Berita Lainnya

Index
Galeri