PWI, Pemkab dan Polres Inhil Sepakat Lawan Berita Hoax dan Media Abal-abal

PWI, Pemkab dan Polres Inhil Sepakat Lawan Berita Hoax dan Media Abal-abal

TEMBILAHAN - Wartawan dan Kepolisian Resor (Polres) Indragiri Hilir menaja aksi melawan hoax dan media abal-abal, Selasa (2/4/2019).

Kegiatan yang digelar di Aula Tribarata Mapolres Inhil ini dihadiri Waka Polres KOMPOL R Firdaus, Kasat Reskrim AKP Indra Lamhot Sihombing, Kasatlantas AKP Rosna Meilani SIK, Kasat Narkoba AKP Bachtiar SH, Kabid P4SDKI Kominfo Trio Beni Putra, Ketua PWI Inhil Indra Efendi, para perwira Polres dan wartawan liputan Inhil. 

Waka Polres Inhil R Firdaus menyampaikan, kegiatan Aksi Melawan Hoax dan Media Abal-Abal ini harus diapresiasi, karena sangat penting dalam upaya menangkal berita hoax, khususnya di media sosial (medsos). 

"Melalui kegiatan ini diharapkan terjalin sinergi antara wartawan terutama anggota PWI dengan pihak kepolisian melakukan proteksi dan melawan berita hoax," ungkap Waka Polres. 

Disebutkan,  pihak kepolisian selalu menghormati dan menghargai kinerja jurnalistik dalam melakukan tugasnya, selagi wartawan tersebut bekerja sesuai ketentuan yang berlaku. Karena berbagai kegiatan dan program kepolisian dapat tersampaikan kepada publik karena publikasi yang dilakukan wartawan. 

Kabid P4SDKI Kominfo Inhil Trio Beni Putra menegaskan, sebagai perwakilan pemerintah juga menyambut baik aksi ini. Karena berita hoax merupakan musuh kita bersama dalam upaya menekan beredarnya berita di medsos yang tidak dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya. 

"Ini merupakan tugas kita bersama untuk mencegah dan melawan hoax. Karena berita hoax dapat menimbulkan keresahan di tengah masyarakat, " katanya. 

Sedangkan Ketua PWI Inhil Indra Efendi menyebutkan, aksi ini merupakan komitmen bersama antara PWI dan Polri dalam upaya menciptakan berita yang berkualitas dan anti hoax. "Kami tentu saja berkomitmen menghasilkan berita yang sesuai ketentuan UU Pers dan Kode Etik Jurnalistik," ujarnya. 

Aksi ini diakhiri dengan penanda tanganan naskah aksi melawan hoax dan media abal-abal oleh pihak Polres, Diskominfo dan PWI Inhil.


Berita Lainnya

Index
Galeri