Update Jumlah Korban Lion Air Jatuh, 14 Jenazah Penumpang Teridentifikasi

Update Jumlah Korban Lion Air Jatuh, 14 Jenazah Penumpang Teridentifikasi

JAKARTA - Rumah Sakit Polri, Kramat Jati, Jakarta Timur telah menerima 137 kantong jenazah yang terdiri dari beberapa bagian tubuh. Dari 137 kantong sudah 14 jenazah korban yang teridentifikasi dan telah dibawa oleh pihak keluarga.

Kepala Lab Forensik RS polri Kombes Pol  Edy Purnomo mengatakan, dari data yang telah diterima berjumlah 255 pelapor dengan rincian dari RS Polri  ada 212 pelapor dan dari data antemortem Provinsi Bangka Belitung ada 43 pelapor jumlah data antemortem yang dikoordinasi 189 data.

"Sampai saat ini sudah diterima 137 kantong jenazah yang terakhir ini 32 sedang kita lakukan pemeriksaan semoga hasilnya ada yang bisa teridentifikasi hari ini yang teridentifikasi dari kemarin sore hasilnya 14 orang yang terdiri dari 3 perempuan dan 11 laki-laki," kata Edy pada Senin (5/11/2018). 

Sementara, dari tim psikologi sampai kemarin sudah melakukan pendekatan pendampingan dan konsul psikologi terhadap 126 orang. Sedangkan dari Tim DVI melaporkan mudah-mudahan ada yang bisa diidentifikasi semua jenazah agar jenazah bisa kembali kepada keluarganya dan dimakamkan dengan baik.

Dia menambahkan, kesulitan yang dihadapi adalah jenazah datang tidak dalam satu kali. Menurutnya, ada beberapa jenazah yang terpisah tidak dalam satu kantong. Sehingga perlu pencocokan berulang kali dengan pencocokan DNA dari berbagai kantong jenazah. "Kami periksa semua sesuai dengan waktu kedatangan," tegasnya.  

Edy menegaskan, kantong terakhir yang datang juga masih diperiksa. Tim DVI melakukan pemeriksaan DNA secara satu per satu dari potongan tubuh. "Tidak ada jenazah yang utuh, karena kami harus memeriksa seluruh bagian tubuh sampai saat ini dari tim postmortem tidak menemukan jenazah yang bisa dibilang utuh kalau persentasenya sekitar 40-50% paling besar tapi mohon maaf mohon maaf sekali lagi saya tidak bisa menjelaskan secara rinci karena ada di sana rahasia medis," jelasnya. 

Terkait dengan kemungkinan adanya potongan tubuh korban yang sudah dibawa oleh keluarga. Pihaknya sudah mencatat seluruh nomor telepon keluarga. Seandainya memang ada tambahan bagian tubuh maka pihaknya akan menghubungi kembali.

"Apabila ada body part lagi atau tambahan maka keluarga akan kami telepon dan nanti tergantung keluarga keputusannya apa mau diambil atau mau dimakamkan dititipkan di RS Polri untuk penanganan lebih lanjut itu tergantung keputusan keluarga tapi kewajiban Kami adalah memberitahukan kepada keluarga bahwa teridentifikasi lagi satu body part atas nama yang sudah bersangkutan untuk diberikan," ucapnya.


Berita Lainnya

Index
Galeri