7 Kebiasaan Sehat yang Perlu Anda Coba Sebelum Tidur

7 Kebiasaan Sehat yang Perlu Anda Coba Sebelum Tidur

Tidur adalah cara paling ampuh untuk memulihkan tenaga. Tapi sebelum tidur, ada baiknya mencoba tujuh ritual postif sebagai berikut:

Berkumur dengan cairan mouthwash

Dilansir dari Reader’s Digest, menggunakan obat kumur antiseptik atau fluoride (fluorida) pada malam hari sesudah menyikat gigi dapat membantu memaksimalkan kebersihan gigi dan mulut.

Pasalnya, larutan tersebut mampu mengurangi bakteri dan plak mulut sehingga membantu proses remineralisasi email gigi. Berkumur dengan larutan antiseptik juga bisa meredakan gejala gigi sensitif, lho!

Tidur di waktu yang sama setiap hari

Perlu diketahui bahwa kesehatan jangka panjang tergantung pada regenerasi yang terjadi selama Anda tertidur nyenyak. Itu karena hormon-hormon disekresi untuk merangsang fungsi-fungsi penting, misalnya pembersihan hati, pembentukan otot, pembaruan jaringan, pemecahan simpanan lemak, dan normalisasi gula darah.

Jadi, agar keseluruhan proses tersebut berjalan dengan optimal, Anda wajib bangun dan tidur di waktu yang sama setiap hari.

Konsumsi serat, protein, dan lemak sehat

Masih lapar sebelum tidur? Lebih baik ganti keinginan Anda untuk menyantap kudapan manis atau kelewat gurih dengan kacang almond, yoghurt, buah-buahan, atau telur rebus.

Pastikan untuk menghindari pati dan gula, karena keduanya meningkatkan kadar insulin sehingga tidur menjadi gelisah. Selain itu, hindari pula konsumsi makanan yang terlalu berminyak dan berlemak, karena bisa membuat perut melilit dan penuh gas sebelum tidur.

Lakukan gerakan yoga sederhana

Bekerja di kantor dan menaiki kendaraan membuat pinggul maupun paha belakang tegang di pengujung hari. Oleh sebab itu, lakukanlah beberapa gerakan yoga yang simpel, misalnya supine hamstring pose dan figure pose.

Dalam melakukannya, jangan lupa untuk mengatur napas yang dalam menggunakan hidung (bukan dengan mulut). Lakukanlah gerakan tersebut masing-masing hingga 2 menit, sehingga mampu meregangkan dan membuat tubuh serta pikiran terasa relaks sebelum tidur.

Mengonsumsi probiotik

Keseimbangan bakteri dalam usus berpengaruh besar pada kesehatan saluran cerna. Oleh karena itu, konsumsilah probiotik, baik berupa minuman atau tablet kunyah, sebelum tidur untuk mencegah terjadinya obesitas dan kanker usus.

Dilansir dari Reader’s Digest, probiotik bekerja optimal saat perut tidak dipenuhi makanan. Sehingga, kinerja probiotik untuk memelihara bakteri baik dalam usus tidak mengganggu enzim pencernaan.

Minum air lemon hangat

Tingkat pH dalam tubuh Anda perlu diseimbangkan, dan malam hari adalah waktu yang tepat untuk melakukannya. Maka, minumlah secangkir air lemon hangat untuk membantu menciptakan alkalinitas dalam tubuh.

Ya, meski sebelum dicerna air lemon itu bersifat asam, tetapi sesudah masuk proses metabolisme, itu akan memiliki efek alkali. Jika pH dalam tubuh seimbang, Anda pun menjadi tak mudah terserang berbagai macam jenis penyakit.

Hindari alkohol dan kafein

Penelitian menunjukkan bahwa alkohol dapat mengganggu neurotransmiter di otak, yang mengatur siklus tidur. Apalagi jika Anda sudah menopause, mengonsumsi minuman beralkohol di malam hari hanya akan meningkatkan serangan hot flashes.

Sedangkan untuk kafein (kopi dan cokelat hitam), sebaiknya batasi konsumsinya setelah jam dua siang. Itu karena secangkir kopi yang Anda minum saat pagi hari masih menyisakan 25 persen kafein di dalam tubuh. Bayangkan jika Anda masih mengonsumsi kafein sampai sore atau malam hari, bisa-bisa mata Anda melek sampai pagi!

Itu dia tujuh kebiasaan sehat yang bisa Anda jadikan “ritual” sebelum tidur. Kebiasaan-kebiasaan tersebut akan membuat tidur Anda lebih pulas, dan bangun dengan kondisi yang segar. Selamat mencoba!


Berita Lainnya

Index
Galeri