PARLEMEN

UMP Riau 2019 Sudah Ditetapkan, Pemko Diminta Segera Bahas UMK Pekanbaru

PEKANBARU - Setelah Upah Minimum Provinsi (UMP) Riau tahun 2019, sudah ditetapkan kenaikannya sebesar 8,03 persen naik dari tahun 2018, atau mencapai angka Rp 2,6 juta lebih, maka selanjutnya harus ditetapkan pula kenaikan Upah Minimum Kabupaten/kota (UMK), yang juga berpatokan kepada kenaikan 8,03 persen. Terutama untuk UMK Pekanbaru 2019.

Meski semua tahapan pembahasan sudah dijadwalkan, setidaknya Pemko Pekanbaru melalui Disnaker, sudah bisa mempublis dari sekarang. Sehingga semua pihak terkait bisa melakoninya.

"Kita yakin Disnaker Pekanbaru sudah melakukan proses ini, terutama berkoordinasi dengan Dewan Pengupahan dan perusahaan. Kalau bisa secepatnya ditetapkan, kenapa harus menunggu batas akhir," kata Anggota Komisi III DPRD Pekanbaru Heri Pribasuki, Senin (22/10/2018).

Pemerintah pusat melalui Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) RI, sudah menetapkan kenaikan Upah Minimum Provinsi (UMP) 2019 sebesar 8,03 persen. Jadi, untuk kabupaten/kota, akan mengikuti UMP Provinsi dan kenaikan juga berdasarkan 8,03 persen itu.

Untuk UMK Pekanbaru tahun 2018 sendiri, sesuai kesepakatan Dewan Pengupahan, perusahaan dan pemerintah ditetapkan sekitar Rp 2,5 juta lebih. Angka ini naik dari UMK Pekanbaru tahun 2017 sebesar Rp 2,3 juta.

Dengan patokan UMP 2019 sebesar 8,03 persen, berapa angka ideal kenaikan UMK Pekanbaru 2019, Heri Pribasuki menegaskan, dipastikan naik dari angka Rp 2,5 juta lebih.

Karena ini akan dibahas bersama Disnaker bersama Dewan Pengupahan dan Perusahaan. Tapi yang lebih penting dari kenaikan UMK 2019, semua perusahaan harus mentaati dan menjalankannya.

"Sehingga kenaikan UMK yang tiap tahun dilakukan, tidak hanya seremonial belaka. Tapi lebih kepada action nyata di masyarakat. Upah karyawan dibayar minimal sesuai UMK," pinta Politisi PDI-P ini, seraya mengatakan, formulasi kenaikan upah ini berdasarkan PP 78 tahun 2015.



[Ikuti Terus Riaurealita.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : +62 0823 8944 0487
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Riaurealita.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan

Video