SMPN 20 Pekanbaru Canangkan Gerakan Literasi Sekolah

SMPN 20 Pekanbaru Canangkan Gerakan Literasi Sekolah
Walikota Dr H Firdaus ST MT bersama Kepala SMPN 20 Nurbaiti, Ketua Komisi III Nofrizal, Kasubid Pemb

PEKANBARU - SMPN 20 Pekanbaru canangkan gerakan literasi sekolah dengan tema penumbuh minat baca melalui taman keluarga dan gerakan orang tua asuh menuju masyarakat madani yang diselenggarakan.

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Walikota Pekanbaru Dr H Firdaus ST MT dengan penandatanganan gerakan Ayoo sekolah lagi,  Ayoo membaca dan Peduli pustaka, Kamis (18/2/2016).

Selain itu, Walikota juga meresmikan Perpustakaan Online, Taman Keluarga, Taman Baca dan Taman Digital serta gerakan orang tua asuh.

"SMPN 20 memiliki 76 guru dan 1040 murid. Dari jumlah guru tersebut, ada sekitar 40 orang guru yang bersedia menjadi orang tua asuh bagi 50 orang siswa yang tidak mampu," kata Kepala SMPN 20 Pekanbaru, Nurbaiti MPd.

Selain itu, Nurbaiti juga menyebutkan ada 10 pojok baca yg telah dibangun di SMPN 20 tersebut. SMPN 20 merupakan sekolah penerima penghargaan adiwiyata nasional tingkat SMP pertama se-kota dan Provinsi Riau dan menargetkan untuk mendapat anugrah adiwiyata mandiri di tahun 2016 ini.

Dalam melaksanakan sejumlah gerakan yang ada di SMPN 20 Pekanbaru itu, BPA (Badan Perpustakaan dan Arsip Kota Pekanbaru) selaku pembina perpustakaan sekolah SD dan SMP yang ada di Kota Pekanbaru telah berperan aktif membantu sekolah SMP N 20 Pekanbaru dalam pengembangan perpustakaan dengan membina dan memberikan hibah buku terhadap Perpustakaan Cahaya Ilmu SMP N 20 Pekanbaru.

Dalam acara peresmian gerakan literasi tersebut, BPA Kota Pekanbaru turut hadir memeriahkan dengan menurunkan 2 mobil pustaka keliling. Selain itu, Kepala Badan Perpustakaan dan Arsip Kota Pekanbaru yakni Ibu Ir. Hj. NelfiYonna, M.Si juga turut serta mendampingi Bapak Walikota dalam penandatanganan sejumlah gerakan yang dilaksanakan di SMPN 20 Pekanbaru.

Dengan berbagai gerakan yang ada di SMP N 20 Pekanbaru diharapkan dapat meningkatkan minat baca dan wawasan pengetahuan siswa di zaman teknologi seperti ini. (rls)


Berita Lainnya

Index
Galeri