WhatsApp Bakal Lakukan Update Besar-besaran, Segera Back Up Data Anda! Begini Caranya

WhatsApp Bakal Lakukan Update Besar-besaran, Segera Back Up Data Anda! Begini Caranya

JAKARTA - Ada kabar penting bagi pengguna aplikasi pesan WhatsApp. Pasalnya WhatsApp bakal melakukan pembaruan secara besar-besaran. WhatsApp bakal meninggalkan Google Drive sebagai media penyimpanan.

Maka dari itu pengguna diharapkan segera back up data agar tak hilang otomatis. Seperti dilansir dari laman WhatsApp, Sabtu (13/10/2018), sebelumnya aplikasi pesan itu menyimpan obrolan ke cloud di Google Drive.

Aktivitas itu menyebabkan kuota penyimpanan Google Drive berkurang. Tetapi kesepakatan baru antara Google dan WhatsApp menyepakati bahwa data obrolan tidak lagi diperhitungkan. Dalam kata lain bahwa data obrolan tidak lagi masuk kuota penyimpanan Google Driver.

Pengguna ditekankan agar data segera dicadangkan data WhatsApp pribadi sebelum 12 November 2018. Pengguna WhatsApp diharapkan segera mencadangkan data sebelum tanggal tersebut. "Mulai tanggal 12 November 2018, cadangan WhatsApp tidak akan lagi menggunakan kuota penyimpanan Google Drive."

"Selain itu, cadangan WhatsApp yang belum diperbarui selama lebih dari satu tahun akan dihapus secara otomatis dari penyimpanan Google Drive. Untuk menghindari hilangnya cadangan, kami sarankan Anda untuk mencadangkan data WhatsApp Anda secara manual sebelum tanggal 12 November 2018." tulis pengumuman di situs WhatsApp.

WhatsApp yang telah digunakan lebih dari 1,5 miliar orang di dunia bakal melakukan pembaruan besar-besaran. Pembaharuan itu berlaku bagi pengguna android dan tidak bagi Appel yang menggunakan iCloud.

Cara Back Up Data WhatsApp di Google Drive

Bagaimana cara membuat cadangan Google Drive:

Pertama, buka WhatsApp.

Kedua, ketuk Menu > Setelan > Chat > Cadangan chat.

Ketiga, ketuk Cadangkan ke Google Drive dan pilih frekuensi cadangan selain Jangan pernah.

Keempat, pilih akun Google yang akan digunakan untuk mencadangkan riwayat chat Anda. Jika Anda tidak memiliki akun Google, ketuk Tambahkan akun ketika diminta dan masukkan informasi Anda. Mohon ingat akun Google yang Anda gunakan untuk membuat cadangan.

Kelima, ketuk Cadangkan lewat untuk memilih jaringan yang ingin Anda gunakan untuk melakukan pencadangan. Harap diperhatikan bahwa mencadangkan melalui jaringan seluler mungkin dapat menyebabkan biaya data tambahan.

Cara Back Up Data WhatsApp secara Manual

Pertama, buka WhatsApp.

Kedua, ketuk Menu > Setelan > Chat > Cadangan chat.

Ketiga, ketuk CADANGKAN untuk memulai pencadangan ke Google Drive. Proses ini mungkin membutuhkan waktu beberapa saat.


Berita Lainnya

Index
Galeri