Masyaallah... Ternyata Seperti Ini Detail Rumah Nabi Muhammad SAW

Masyaallah... Ternyata Seperti Ini Detail Rumah Nabi Muhammad SAW

Mengharukan sekali jika melihat bagaimana pengorbanan baginda muhammad SAW, hidup dalam kesederhanaan. Meski beliau adalah seorang rasul dan pemimpin seluruh umat Islam, tapi Rasulullah lebih memilih hidup sederhana saja daripada hidup bergelimang harta.

Kesederhanaan Rasulullah tercermin dari rumah yang menjadi tempat tinggalnya bersama keluarga yang terletak di pojok Masjid Nabawi, tepatnya di tempat yang sekarang sudah dijadikan makam Nabi Muhammad. Rumah Nabi Muhammad sangat kecil dan hanya beralaskan tanah.

Ukuran rumah Nabi Muhammad SAW dengan panjang tidak lebih dari 5 meter, lebar hanya 3 meter, dan tinggi atap sekitar 2.5 meter. Hal utama yang menjadi patokan dalam menentukan luas rumah nabi adalah perkataan seorang sahabat Nabi Muhammad saw yang bernama Daud Bin Qais.

Dalam kitab Shahih Adabul Mufrod karya Imam Bukhari disebutkan bahwa Daud Bin Qais berkata, “Saya melihat kamar Rasulullah saw, atapnya terbuat dari pelepah kurma yang terbalut dengan serabut. Saya perkirakan lebar rumah ini, kira kira 6 atau 7 hasta, saya mengukur luas rumah dari dalam 10 hasta, dan saya kira tingginya antara 7 dan 8. Saya berdiri di pintu Aisyah saya dapati kamar ini menghadap Maghribi (Marocco)”.

Konversi 1 hasta adalah sekitar 0.45 m (id.wikipedia.org/wiki/Hasta). Seperti inilah detail rumah Rasulullah:

View this post on Instagram

?????? ?????? ??????????? ??????????? ??????????? ????? ????? ????????? ????????? ??????? ??? ????????? ????????? ?????????????????????? Didunia sangat sederhana Tetapi Di akhirat Ia begitu sangat sempurna (Surga Allah) Masya Allah Allahumma sholli 'ala sayyidina muhammad? ?????????????????????? ?LIKE ?????SHARE ?????TAG SAHABATMU ?????????????????????? Follow @novitaopii_ || #novitaopii_ ?????????????????????? @indonesiabertauhidid @tauhidremajaislam @dakwah_tauhid @dakwahislamid @dakwahinsani @kajianmenikah @kajianpendek @kajiansemangat @kajiandakwah @indonesia_aswaja @kajianislam @negeri_dakwah @followers.rasulullah @ilmubagiumatrasulullah @dakwah.vidgram @dakwahjomblo @dakwahindah.id @video.islam @oneminutedakwah @kampus.aswaja @ummatrasulullah.aswaja @kumpulankajian @dakwah_islami @kajiandakwah @dakwahsocmed @remaja.islami @dakwahaswaja @muslim.fact @indonesiamengaji.id @indonesiamengaji.go #ustadzabdulsomad #videoinstagram #pecintarasulullah #pecintauas #ahlussunnahwaljamaah #tiktok #tausyiah #muhasabahdiri #dakwahaswaja #kajiansunnah #ceramah #ummatrasulullahaswaja #majelisilmu #kamibersamauas #novitaopii_ #pengingatdiri #beritaislamimasakini #tauhidremajaislam #kamibersamaulama #cintaulama #salaf #manhajsalaf #salafi #vidgram #ahlulbait #islamituindah #sahabathijrah #semangathijrah #dakwahaswaja #mozaikislam #oneminutedakwah

A post shared by MOTIVASI & PENGINGAT DIRI (@novitaopii_) on


Berita Lainnya

Index
Galeri