Wow! Sekolah Dasar Terkecil di Inggris Ini Cuma Punya 6 Murid

Wow! Sekolah Dasar Terkecil di Inggris Ini Cuma Punya 6 Murid

JAKARTA - Sebuah sekolah dasar terkecil di Inggris telah terungkap dan hanya memiliki enam murid. Dilansir dari Mirror.co.uk, 8 Oktober 2018, sekolah bernama Tiny Milburn School di Cumbria hanya memiliki satu ruang kelas dan hanya memiliki satu guru penuh waktu.

Sekolah ini begitu kecil, anak usia tiga tahun belajar bersama anak usia sepuluh tahun dan makan siang mereka dimasak oleh koki kedai minum setempat.

Murid bermain di desa hijau yang indah saat istirahat karena tidak ada taman bermain, dan penduduk di desa Milburn juga diundang untuk mengambil bagian dalam Hari Olahraga.

Di lingkungan pedesaan, anak-anak sering harus berhenti bermain ketika traktor lewat dan tidak ada pagar di sekeliling bangunan kecil itu. Ada sejumlah upaya yang dilakukan untuk menutup sekolah, yang semuanya telah ditentang keras oleh desa.

Pada 2008, sekolah memiliki 37 murid, tetapi jumlahnya menurun hingga pada tahun 2014 menyusul penurunan populasi di dusun-dusun di sekitar Milburn.

Namun terlepas dari lingkungan pedesaannya, sekolah Church of England penuh dengan teknologi, termasuk kacamata VR dan ada lebih banyak laptop daripada jumlah siswa.

Selain pelajaran di kelas, murid juga menikmati kebebasan belajar di luar di sekolah hutan mereka. Anak-anak yang berusia tiga hingga sepuluh tahun sering diajar bersama dalam satu kelompok.

Kepala sekolah, Nick Page, mengatakan bahwa rendahnya jumlah siswa berarti mereka mendapat manfaat dari pengajaran satu demi satu. "Milburn adalah sekolah yang sangat istimewa dalam hal lokasinya, jumlah muridnya dan apa yang ditawarkannyn," kata Nick.

Hayley Dixon, 32 tahun, adalah satu-satunya guru penuh waktu di sekolah tersebut dan telah bergabung pada September. "Saya menikmati fleksibilitas yang ditawarkan dan bisa pergi dengan hal-hal yang terjadi di desa." kata Dixon.

Nick Page, 42 tahun, sebelumnya bekerja di sekolah dalam kota di Brixton, London Selatan, dan sekarang menjadi kepala sekolah di sekolah kecil. Laporan Ofsted pada tahun 2015, ketika Milburn masih memiliki 11 siswa, peringkat sekolah secara keseluruhan sebagai "baik", mencatat bahwa perkembangan dan kesejahteraan murid luar biasa.

Sejak menjadi kepala sekolah eksekutif pada bulan Juli, Page yakin bahwa sekolah akan semakin meningkat. Dia membagi waktunya sebagai kepala antara Sekolah Milburn dan Sekolah Dasar Beaconside di dekatnya, yang memiliki 451 murid.

Setiap hari Rabu, enam murid pergi ke sekolahnya yang lain, di Penrith, dengan jarak 20 menit berkendara. Di sana mereka mendapat manfaat dari pelatihan olahraga spesialis, pendidikan agama, pelajaran Prancis dan musik. Para siswa beradaptasi dengan cepat untuk hidup dalam lingkungan yang sibuk tetapi cinta kembali ke sekolah desa mereka, kata Page.

"Sangat mudah untuk berpikir bahwa anak-anak di sekolah kecil mungkin kurang percaya diri karena mereka tidak berada di lingkungan yang besar. Tapi mereka sama sekali tidak. Mereka percaya diri dan pandai berbicara dan selalu siap untuk tantangan," tambah Nick page.

Ada lebih dari 2.000 sekolah di Inggris dengan kurang dari 100 murid, tetapi sekolah seperti Milburn semakin langka. Barbara Taylor, dari National Association of Small Schools, mengatakan, "Sekolah kecil adalah pusat perhatian dan sumber daya jangka panjang untuk masyarakat mereka."

"Ofsted inspektur secara konsisten memuji etos keluarga, sikap positif dan perilaku yang baik di sekolah kecil dan prestasi murid yang diakui,"kata Barbara.


Berita Lainnya

Index
Galeri