Usai Menang, Pacquiao: Saya Pensiun

Ahad, 10 April 2016 | 14:52:04 WIB
Pacquiao menang angka mutlak setelah ketiga juri sama-sama memberikan 116-110 kepada petinju Filipin
JAKARTA - Petinju Filipina, Manny Pacquiao, menegaskan dirinya tetap akan pensiun seusai melakoni laga terakhir dalam karier profesionalnya melawan Timothy Bradley Jr. di MGM Grand Garden Arena, Las Vegas, Amerika Serikat, Sabtu (9/4/2016) malam waktu setempat. 
 
Di laga tersebut, Pacquiao menang angka mutlak setelah ketiga juri sama-sama memberikan 116-110 kepada petinju Filipina itu. 
 
Sebelumnya, petarung yang dijuluki PacMan itu memang sempat mengatakan bahwa ini adalah laga terakhirnya namun disambut keraguan oleh banyak pihak. 
 
Ketika diwawancara oleh Max Kellerman di samping ring tinju, Pacquiao kembali menegaskan keputusannya itu.  
 
"Saya berkomitmen kepada keluarga saya bahwa saya akan pensiun setelah ini," kata Pacquiao. "Jika Anda menanyakan pada saya apakah saya akan kembali, mungkin saja saya menikmati pensiun."
 
Meski telah berusia 37 tahun dan telah bertinju selama 21 tahun, Pacquiao sendiri masih terlihat cepat dan bugar ketika melawan Bradley Jr. 
 
Ia bahkan sempat dua kali membuat Bradley menyentuh kanvas di ronde ke tujuh dan ke sembilan, meski petinju Amerika Serikat itu tetap bisa bangkit dan meneruskan pertarungan. 
 
Bradley Jr. pun mengakui bahwa Pacquiao adalah petinju yang lebih baik dalam laga itu.
 
"Ia kuat dan ia bertarung dengan hebat malam ini. I bagus, ia hebat. Ia lebih cepat, lebih lincah dan kuat dan ia melakukan segala sesuatunya dengan benar. Saya akan kembali, terima kasih karena telah mendukung saya," ucap Bradley Jr. seperti dikutip dari ABS CBN.
 
Pertarungan ini sendiri merupakan trilogi dari laga Pacquiao vs Bradley. Pacquiao kalah angka di duel pertama dan menang angka di duel kedua. 
 
Setelah melakoni pertandingan ini, Pacquiao akan berkosentrasi merebut satu kursi di Kongres Filipina pada pemilu yang diadakan 9 Mei mendatang.
 
Lebih dari 54 juta penduduk Filipina akan memberikan suara mereka untuk memilih presiden, wakil presiden, dan juga 300 anggota DPR dan juga ribuan posisi untuk pemerintahan di tingkat lokal. (max/cnn)
 

Terkini