Hindari! Kebiasaan yang Sering Kita Lakukan Ini Ternyata Bisa Memicu Kanker Kulit

Selasa, 09 April 2019 | 16:54:32 WIB

Kulit adalah bagian tubuh yang berinteraksi secara langsung dengan lingkungan. Oleh karenanya, kulit bisa dengan mudah terserang penyakit.

Nyatanya, ancaman penyakit kulit seperti kanker kulit juga mengintai kesehatan kita. Ancaman ini bahkan bisa datang dari kebiasaan sehari-hari, mau tau apa saja pemicunya? Dilansir dari 1Health, berikut ini kebiasaan yang harus kamu hindari.

1. Tidak memakai tabir surya

Beberapa penelitian dan survei telah membuktikan bahwa kebanyakan orang mengabaikan pemakaian tabir surya. Padahal, sinar ultraviolet merupakan penyebab utama dari kanker kulit bahkan dapat menyerang kamu dalam waktu yang singkat.

2. Terlalu banyak mengonsumsi gula

Makanan manis selalu menarik untuk dinikmati, seperti permen, cokelat hingga minuman ringan favorit kamu. Namun ternyata, mengonsumsi gula secara berlebih dapat menyebabkan kanker kulit.

Selain kanker kulit, kelebihan gula juga dapat menyebabkan komplikasi masalah kesehatan, seperti obesitas, diabetes, penyakit ginjal, dan gigi berlubang.

3. Berlebihan menggunakan ponsel

Ponsel sudah menjadi bagian hidup oleh hampir semua orang. Sebuah studi menunjukkan bahwa membiarkan ponsel terlalu dekat dengan tubuh kamu dalam waktu yang lama juga bisa menyebabkan kanker kulit.

Hal ini terjadi karena gelombang frekuensi radio yang dipancarkan dari ponsel dapat memicu pertumbuhan sel kanker di kulit.

4. Terlalu berlebihan menggunakan make up

Make up mungkin sudah menjadi bagian dari hidup para wanita. Menggunakan make up dapat meningkatkan percaya diri juga menunjang penampilan. Namun, beberapa penelitian menunjukkan bahwa penggunaan make up berlebih dapat memicu kanker kulit.

Hal ini karena make up mengandung sejumlah bahan kimia beracun yang akan berbahaya jika terlalu sering berhubungan dengan kulit.

Terkini