Wakil Ketua DPRD Pekanbaru Ginda Burnama Hadir di Sertijab Kepala Perwakilan BPK Riau

PEKANBARU - Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Pekanbaru Ginda Burnama menghadiri agenda Serah Terima Jabatan (Sertijab) Kepala Perwakilan Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) Perwakilan Riau di kantor perwakilan Jalan Jenderal Sudirman Nomor 721, Jumat (3/11).

Jabatan itu diserahterimakan dari Arman Syifa kepada Jariyatna yang sebelumnya menjabat Kepala BPK RI Perwakilan Kepulauan Riau, Pengangkatan ini berdasar keputusan Sekretaris Jenderal BPK RI Nomor 274/K/X-X.3/10/2023 tanggal 26 Oktober 2023 perihal Pengangkatan, Pemindahan, dan Pemberhentian Dalam Dan Dari Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Pada Pelaksana Badan Pemesriksa Keuangan.

"Selamat datang kepada Bapak Jariyatna di Riau dengan mengemban jabatan sebagai Kepala BPK RI Perwakilan Riau, dan kepada Bapak Arman Syifa kami ucapkan untuk selamat bertugas dan terimakasih atas kinerja selama ini," ucap Ginda Burnama.

Acara ini dihadiri oleh  Anggota V BPK RI Ahmadi Noor Supit, Auditor Utama Keuangan Negara V (Tortama KN V) Slamet Kurniawan, Gubernur Riau Syamsuar serta Para Pimpinan DPRD, Anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Instansi Vertikal, dan Kepala Daerah se-Provinsi Riau.

Dalam sambutannya, Ahmadi Noor Supit menyampaikan beberapa hal penting yang harus mendapat perhatian bersama, diantaranya seluruh Kepala Perwakilan yang bertugas pada 16 (enam belas) Provinsi di bawah koordinasi AKN V harus bekerja dengan baik dan profesional, dimana harus ada komunikasi dan kemitraan yang terjaga antara BPK Perwakilan dengan entitas yang diperiksa.

"Jangan sampai komunikasi dan kemitraan yang dijalin dengan pihak entitas tersebut kemudian menjadi menghilangkan independensi BPK. Selain itu, mencermati tuntutan masyarakat saat ini Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah dituntut untuk meningkatkan transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan," kata Ahmadi.

Gubernur Riau Syamsuar berharap agar pejabat yang baru dapat meningkatkan dan menjalin komukisi yang lebih baik lagi. “Atas nama masyarakat dan Pemerintah Provinsi Riau, kami mengucapkan selamat bertugas kepada Bapak Jariyatna selaku Kepala BPK Perwakilan Provinsi Riau yang baru, serta kepada Bapak Dr. Arman Syifa, kami harap senantiasa menjalin silaturahmi dengan Pemerintah Provinsi Riau," ungkap Syamsuar.

"Selain itu, Pemerintah Provinsi Riau akan terus berusaha memperbaiki tata kelola terhadap pengelolaan keuangan daerah”, lanjutnya.

Disamping itu, Kepala Perwakilan yang baru diharapkan mampu memberikan kontribusi nyata dalam mewujudkan tata kelola keuangan daerah yang lebih baik, serta dapat terus membina komunikasi yang telah berjalan baik dengan seluruh entitas pemeriksaan, pemangku kepentingan dan mitra kerjanya di Provinsi Riau.

Hal ini semata-mata agar pengelolaan dan pertanggungjawaban keuangan daerah yang transparan dan akuntabel di wilayah Provinsi Riau dapat terwujud.


Galeri