Ketua DPRD Pekanbaru Muhammad Sabarudin Hadir di Penabalan Gelar Adat Kapolda Riau

PEKANBARU-Gelar Datuk Seri Jaya Perkasa Setia Negeri dikukuhkan kepada Kapolda Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal, gelar itu diberikan oleh Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau. Penabalan berlangsung di Balairung Tennas Effendi di Balai Adat Melayu Riau, Jumat (29/10).

Ketua DPRD Kota Pekanbaru Muhammad Sabarudi hadir dalam hikmat acara tersebut, mulai dari arak-arakan diiringi musik kompang hingga prosesi penabalan usai.

"Tahniah kepada Pak Kapolda Riau Irjen Mohammad Iqbal atas gelar yang diberikan pada hari ini, gelar yang diberikan semoga bermanfaat ," kata M Sabarudi.

Gelar tersebut, jelasnya, memiliki pengertian sebagai orang mulia dengan penuh cahaya yang memiliki kemampuan dan kekuatan istimewa, dipergunakan untuk memenuhi tanggung jawab maupun kewajibannya dalam menciptakan keteraturan di tengah kehidupan masyarakat secara maksimal dengan pencapaian luar biasa.

"Gelar adat yang diberikan didasarkan atas sejumlah pertimbangan yang dilakukan jajaran Pengurus LAM Riau terhadap kiprah beliau selama bertugas di Bumi Lancang Kuning ini,” tuturnya.

Pada Prosesi gelar adat tersebut terlihat Gubernur Syamsuar yang juga bergelar Datuk Setia Amanah memasang tanjak kepada Kapolda Riau dan pemasangan selempang oleh Ketua MKA LAM Riau, Datuk Seri Marjohan Yusuf dan pemasangan keris oleh Ketua DPH LAM Riau Datuk Taufik Ikram Jamil.

Selanjutnya juga ada prosesi tepuk tepung tawar kepada Datuk Seri Jaya Perkasa Setia Negeri. Ada sembilan tokoh yang memberikan tepuk tepung tawar.

Usai menghadiri acara prosesi penabalan tetsebut, Wakil Bupati DR. H. Bagus Santoso didampingi Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan H. Bustami HY mengucapkan selamat dan tahniah kepada Kapolda Riau yang menerima gelar sebagai Datuk Seri Jaya Perkasa Setia Negeri.

Mudah-mudahan dengan gelar adat tersebut lebih meningkatkan hubungan yang terjalin baik selama ini, antara Kapolda dengan masyarakat Riau dan semoga dapat terus di rawat dengan rasa kekeluargaan.(GALERI)


Galeri