Kapolda Riau dan Bupati Rohul Lakukan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Makopolres Rohul

Kapolda Riau dan Bupati Rohul Lakukan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Makopolres Rohul

PASIRPENGARAIAN - Kapolda Riau Irjen Pol Drs. Nandang MH bersama Bupati Rohul H Sukiman, letakkan batu pertama pembangunan Markas Kepolisian Resort (Mapolres) Rokan Hulu (Rohul) yang lebih representatif, di Jalan Lingkar KM 2 Pasir Pangaraian, Desa Sukamaju Kecamatan Rambah.

Selain Mako berada di kawasan seluas sekutar 6 hektar, kini sudah dibangun rumah susun (Rusun) 3 lantai dengan 48 pintu oleh Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, untuk anggota Polres Rohul.

Pembangunan Mako Polres Rohul baru, ditandai peletakan batu pertama dan penandatanganan prasasti dilakukan Kapolda Riau Irjen Pol Drs. Nandang MH, Jumat (3/8/2018), didampingi Bupati Rohul H. Sukiman, Kapolres Rohul AKBP Muhammad Hasyim Risahondua SIK, M.Si, para pejabat dan perwira tinggi di jajaran Polda Riau, Pj Sekda Rohul Abdul Haris, para kepala dinas, badan serta pejabat Forkompinda Rohul.

Kapolres Rohul AKBP M. Hasyim Risahondua berterima kasih ke Pemkab Rohul, sehingga pembangunan Mako Polres Rohul dapat terlaksana di awal Agustus 2018.

“Semoga apa yang jadi harapan dari masyarakat ke Polri, sebagai pelindung, penganyom dan pelayan masyarakat dapat terwujud dengan baik,” sebut Kapolres Rohul dalam sambutannya.

AKBP M. Hasyim juga menjelaskan, Mako Polres Rohul dibangun‎ di atas lahan 6 hektar, hibah tanah dari Pemkab Rohul dan sudah diurus sertifikatnya atasnama CQ Polri, sebagai pengganti hibah tanah sebelumnya di KM 8 Pesagang Desa Sukamaju, Kecamatan Rambah yang kini menjadi kantor Dinas Perhubungan Rohul.

Kapolres  juga menyatakan, pembangunan Mako Polres Rohul di Jalan Lingkar KM 4 Desa Sukamaju dibantu dari dana APBN (DIPA RKA-KL Polres Rohul tahun anggaran 2018), dengan nilai anggaran Rp13.478.280.000, dengan luas bangunan Type 2.400.

Selain dibangun 2 lantai, Mako Polres Rohul yang baru akan dilengkapi fasilitas umum, termasuk sarana olahraga, rumah dinas mulai dari pejabat utama sampai anggota, lapangan tembak, dan masjid.

Kemudian, Mako Polres Rohul yang baru, akan dibangun penyedia PT. Cahaya Panam Perkasa, selaku rekanan pemenang lelang dengan masa kerja 180 hari kalender, terhitung 2 Juli 2018 sampai 28 Desember 2018, dengan konsultan perencana CV. Citratama Arsitek dan Konsultan Pengawas CV. Indrawati Arsitektur.

“Kita mengharapkan doa restunya, semoga dalam pembangunan Mako Polres Rohul ini dapat berjalan lancar tanpa ada kendala apapun, sesuai dengan rencana yang dijadwalkan,” harap Kapolres Rohul AKBP M. Hasyim.

Kemudian, ‎Bupati Rohul H. Sukiman menyatakan, Rohul merupakan kabupaten pemekaran dari Kabupaten Kampar, sesuai Undang-Undang Nomor 53 tahun 1999.

Semula, Rohul terdiri dari lima kecamatan dengan jumlah penduduk sekira 310.000 jiwa, yaitu Kecamatan Rambah, Kepenuhan, Tambusai, Rokan IV Koto, dan Kecamatan Kunto Darussalam.

Bupati Sukiman berterima kasih yang tidak terhingga, karena secara resmi nantinya Kabupaten Rohul memiliki Mapolres yang representatif.

Bupati Sukiman mengharapkan, agar‎masyarakat yang punya tanah di depan bangunan Mapolres Rohul yang baru bersedia diganti rugi, sehingga wajah bangunan Mapolres tampak gagah dari Jalan Lingkar.

“Kita berterima kasih tidak terhingga kepada bapak Kapolres dan segenap anggotanya, yang telah bekerja keras untuk mengamankan Rohul, sehingga dari awal sebelum Pemilu dan Pilgubri dan seterusnya Rohul berjalan aman tertib dan lancar,” sampai Bupati Rohul Sukiman.

Kapolda Riau Irjen Pol Drs. Nandang mengatakan, bahwa pembangunan Mapolres Rohul yang baru ini upaya Polri dalam meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat.

“‎Karena untuk bisa melayani dengan baik perlu sarana dan prasarana yang memadai, disamping kemampuan dan pengetahuan yang dimiliki oleh petugas. Jadi ini adalah wujud komitmen untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan bukti negara hadir di tengah-tengah masyarakat,” jelas Irjen Pol Nandang.

Kapolda Riau menyatakan, sudah ada 10 Mapolres di Riau yang sudah representatif, dan pada tahun ini ada dua Mapolres dibangun.


Berita Lainnya

Index
Galeri