Bahas Hal Penting, Pemkab Inhil Gelar Rakor Bersama Instansi Terkait

Bahas Hal Penting, Pemkab Inhil Gelar Rakor Bersama Instansi Terkait

TEMBILAHAN - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Indragiri Hilir (Inhil) menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) bersama sejumlah instansi terkait yang ada di Kabupaten Inhil, Rabu 16 Mei 2018.

Rakor yang dilaksanakan di aula Lantai 5 Kantor Bupati, Jalan Akasia Tembilahan ini dipimpin langsung oleh Penjabat (Pj) Bupati Rudyanto.

Turut hadir saat itu perwakilan seluruh Unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Inhil dan segenap instansi vertikal.

Pj Bupati Inhil, Rudyanto dalam sambutannya mengatakan, rakor ni diadakan dalam rangka menindaklanjuti rakor dan fasilitasi pelaksanaan tugas dan fungsi instansi vertikal terkait penyelenggaraan Pemerintahan Umum dan Koordinasi Stabilitas Kamtibmas dalam menyambut Puasa Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1439 H serta persiapan pelaksanaan Pilkada Serentak di Provinsi Riau.

"Tujuan dari Rakor sendiri adalah memantapkan koordinazi dan sinergi dengan Forkopimda guna mengantisipasi keamanan dan ketertiban. Kedua, memantapkan kesiapan Pilkada dan terakhir, memastikan ketersediaan Bapokmas, angkutan lebaran, kebutuhan BBM dan elpiji, listrik dan kesiapan infrastruktur jalan menjelang Hari Raya Idul Fitri," ujarnya.

Dalam rakor tersebut, seluruh peserta membahas isu-isu strategis Nasional dan Daerah, diantaranya tentang kesiapan Polres Inhil untuk pengamanan dalam menyambut Ramadhan dan 1 Syawal 1439 H serta Pilkada Serentak.

Disamping itu, Pj Bupati beserta peserta rakor membahas terkait selektifitas masyarakat dalam memilih travel Umroh, penyelesaian E-KTP sebagai wujud sinergitas lembaga penyelenggara Pemilu dan Instansi Pemerintah Daerah bersangkutan.

Pembahasan lainnya berkutat pada hal seputar langkah antisipatif kelangkaan sembako dan pemadaman listrik, koordinasi penyelenggara Pemili dalam rangka memastikan Pilkada Serentak berjalan lancar serta peningkatan peran Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) mengantisipasi isu SARA, Radikalisme, Ujaran Kebencian dan tingkatkan sikap toleransi sesama umat beragama agar tercipta suasana yang harmonis.

Sebelumnya, para peserta rakor sempat dikejutkan dengan kemarahan Pj Bupati Inhil, Rudyanto kepada pihak PLN Tembilahan. Bukan tanpa alasan, kemarahan Pjs Bupati dilatarbelakangi oleh ketidakhadiran perwakilan PLN Rayon Tembilahan dalam rakor.

Pj Bupati dalam kondisi marah menganggap pihak PLN Tembilahan tidak kooperatif, karena telah dua kali absen dalam rapat yang diadakan Pemkab Inhil. Bahkan, Pj Bupati meminta stafnya untuk segera melayangkan surat teguran kepada pihak PLN Tembilahan.

"Surati saja, sudah 2 kali dipanggil tidak pernah datang, atau perlu kita tarik mereka hadir rapat?," pungkasnya. 

Diskominfops Inhil/Adv


Berita Lainnya

Index
Galeri