Pj Bupati Inhil: Field Trip Dapat Asah Kreatifitas dan Pola Pikir Kritis Anak

Pj Bupati Inhil: Field Trip Dapat Asah Kreatifitas dan Pola Pikir Kritis Anak

TEMBILAHAN - Kegiatan Field Trip bagi anak-anak, dapat mengasah kreatifitas dan pola pikir kritis mereka terhadap berbagai yang ditemukan di luar.

Hal itu diungkapkan Penjabat (Pj) Bupati Indragiri Hilir (Inhil) dalam sambutannya, yang dibacakan Pelaksana Harian (Plh) Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah (Setda), RM Sudinoto saat melepas Field Trip Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Ziqra, di Halaman Kantor Bupati, Jalan Akasia Tembilahan, Rabu 9 Mei 2018.

Dikatakannya, Pemkab Inhil sangat mengapresiasi dilaksanakannya kegiatan tersebut, karena dapat menstimulasi kecerdasan naturalis anak.

"Anak-anak yang memiliki kecerdasan naturalis sangat tertarik kepada alam, tumbuhan, hewan, dan lingkungan. Mereka umumnya gemar bermain di luar, menikmati alam, dan penyayang binatang, tidak takut atau jijik untuk menyentuh dan memiliki naluri untuk memelihara tumbuhan dan hewan," ujar Sudinoto.

Melalui field trip, lanjutnya, anak-anak dapat berinteraksi dengan alam dan makhluk hidup lainnya, sehingga anak mendapat pengalaman baru.

"Ini dapat memicu si kecil untuk bertanya hal-hal di luar pengertiannya dari apa yang ia temukan, sehingga kreatifitas dan pola pikir kritis akan terasah," tambahnya.

Sementara itu, Ketua Yayasan PAUD Ziqra, Hj Marliah menjelaskan, kegiatan yang dilaksanakan sempena peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2018 ini, bertujuan untuk memberi pengenalan terhadap dunia kerja kepada anak-anak.

"Kami ingin menjadikan momen ini sebagai salah satu perjalanan yang berkesan untuk anak didik kami. Dan tentunya kami sebagai pendidik berharap hal ini menjadi amal jariyah di akhirat nanti," terangnya.

Field Trip ini, kata Marliah lagi, dilakukan dengan mengunjungi 7 instansi yang dianggap mewakili dunia profesi yang nantinya diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi murid dalam membentuk cita-citanya.

"Pada mulanya kami hanya berencana menyasar pada 6 instansi saja, namun alhamdulillah besarnya animo masyarakat dan dunia usaha, kami diundang pada beberapa instansi namun sayang karena keterbatasan waktu maka kami tidak dapat memenuhi semua undangan tersebut. Kunjungan kami mulai dari Kantor Bupati ini, kemudian kami akan menuju Dinas Pendidikan, Gedung DPRD, Dinas Kesehatan, Bank BNI, Polres, dan berakhir di Bank Danamon," tukasnya.

Perjalanan yang menggunakan Kereta Mini atau biasa disebut Odong-odong ini mengangkat tema "Kunjungan Dadakan Pemimpin Masa Depan". Para pesertanya berjumlah sebanyak 62 orang, dengan menggubakan Pakaian Adat Daerah Nusantara dan Seragam Polisi. Kegiatan tersebut turut diramaikan oleh Majelis Guru PAUD Ziqra dan orang tua murid.

Diskominfops Inhil/Adv


Berita Lainnya

Index
Galeri