BKMT Diharap Berikan Perhatian Terhadap Masalah Kemasyarakatan

BKMT Diharap Berikan Perhatian Terhadap Masalah Kemasyarakatan

TEMBILAHAN - Keberadaan Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) diharapkan dapat memberikan perhatian terhadap masalah kemasyarakatan, seperti keterbelakangan umat, kebodohan, kemiskinan dan ketidakadilan sosial.

Harapan tersebut disampaikan Pj Bupati Inhil dalam sambutannya yang dibacakan Plh Asisten Administrasi Umum Setda, RM Sudinoto saat menghadiri peringatan HUT BKMT Riau ke-20 tahun 2028 dan HUT Buletin Lentera ke-15, yang dipusatkan di Gedung Daerah Engku Kelana, Jalan Baharuddin Jusuf Tembilahan, akhir pekan kemarin.

Dikatakan Sudinoto, BKMT merupakan suatu alternatif lembaga pendidikan keagamaan bagi masyarakat yang memiliki keterbatasan waktu, tenaga dan kesempatan.

"Keberadaan majelis taklim sebagai lembaga pendidikan non formal mempunyai fungsi dan peran yang sangat penting, diantaranya untuk meningkatkan dakwah dan syiar Islam, meningkatkan kesadaran, pemahaman dan pengalaman masyarakat pada ajaran Islam, serta memperkokoh Ukhuwah Islamiyah," ujarnya.

Oleh karena itu, Eksistensi BKMT, lanjut Sudinoto, harus dapat memberikan sumbangsih dan pengaruh positif bagi anggota majelis taklim. "Antara lain untuk mendorong para mubaligh agar menyampaikan ceramah yang berkualitas, relevan dengan masalah-masalah aktual dan sesuai kebutuhan lingkungan, meningkatkan kemampuan individual para mubaligh dalam memecahkan masalah masyarakat, serta membina pengelolaan majelis taklim agar memiliki perencanaan yang matang," tambahnya.

Ketua BKMT Inhil, Raihana Ara dalam laporannya menyampaikan, BKMT Kabupaten Inhil telah melakukan berbagai kegiatan, diantaranya tausiyah, pengajian, silaturrahim ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas), Posyandu dari swadaya masyarakat, serta kegiatan keagamaan.

"Kami ucapkan terima kasih kepada seluruh pihak, yang telah ikut berpartisipasi, mendukung dan mensukseskan kegiatan yang dilaksanakan oleh BKMT," katanya.

Untuk diketahui, selain diisi dengan berbagai lomba, seperti lomba pidato Bahasa Inggris, Bahasa Arab dan Bahasa Indonesia, lomba tahfiz Al Quran, lomba ilmu nahu putra dan lomba ilmu syaraf putri, peringatan HUT BKMT Riau dan HUT Buletin Lentera ini juga dimeriahkan dengan penampilan berbagai jenis kerajinan tangan pada Bazar yang dipusatkan di halaman Gedung Daerah Engku Kelana.

Diskominfops Inhil/Adv


Berita Lainnya

Index
Galeri