Joni Walker Manik, Ketua DPD Punguan Manik Raja Dohot Boruna se-Sumut 2018-2021

Joni Walker Manik, Ketua DPD Punguan Manik Raja Dohot Boruna se-Sumut 2018-2021

SERGAI - Acara syukuran HUT ke-1 dan silaturahmi (temu kangen) Punguan Manik Raja dohot Boru, Bere dan Ibebere se-Indonesia berlangsung meriah dan sukses di aula Pantai Wong Rame, Pantaicermin, Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), Sabtu (28/4/2018).

Hadir dalam acara itu, Bupati Sergai Ir Soekirman, Ketua Umum DPP Punguan Manik Raja dohot Boruna se-Indonesia Brigjen TNI Deliaman T Manik SIP MSi, Pengurus DPD dan DPD Punguan Manik, keluarga besar Pomparan Op Silau Raja, tokoh agama, tokoh pemuda serta ratusan anggota Punguan Manik Raja dari berbagai wilayah di dalam maupun di luar Sumut. 

Mengawali sambutannya, Ketua Umum DPP Punguan Manik Raja dohot Boruna se-Indonesia Deliaman T Manik menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada Korwil Serdang Bedagai, Drs Joni Walker Manik MM maupun panitia yang telah bersedia menyiapkan segala sesuatunya demi suksesnya pelaksanaan acara syukuran dan temu kangen ini.

Kepada yang hadir, ia juga menuturkan bahwa keturunan Manik Raja dan Silau Raja merupakan satu darah yang tidak bisa dipisahkan. "Semua kita bersaudara, karena kita masih terikat dalam satu hubungan darah. Semoga, melalui silaturahmi ini kita semakin solid dan tetap menjaga persatuan dan kesatuan kita," tutur Deliaman.

Dia pun mengungkapkan, pada kesempatan itu akan dilakukan launching Tugu Manik Raja dan peluncuran Buku Sejarah Manik oleh DPD Punguan Manik Raja se-Indonesia.

"Peluncuran buku dan launching tugu Manik Raja ini untuk menyahuti terbentuknya DPD Punguan Manik Raja se-Indonesia pada April 2017 lalu dan sebagai media bagi seluruh marga Manik untuk lebih menghargai sejarah leluhurnya," ucap Brigjen Deliaman.

Sementara, Ketua Penyelenggara Drs Joni Walker Manik MM didampingi Ketua DPC Sergai Punguan Manik Raja Drs Jon Lukman Damanik MM dan Sekretaris Sahala Manik SSi menyatakan, bahwa temu kangen itu merupakan suatu pesan moral yang diajarkan para leluhur untuk menebarkan kasih sayang kepada sesama.

"Hendaklah kita saling menopang dikala suka maupun duka, sehingga terciptalah spirit kebersamaan di tubuh Punguan Manik Raja se-Indonesia," katanya. 

Joni Walker Manik juga mengajak seluruh yang hadir untuk bersama-sama bergandeng tangan dalam membesarkan Punguan Manik Raja dengan berlandaskan persatuan dan tanpa membeda-bedakan latar belakang.

"Marga Manik itu tidak terkotak-kotak, tapi harus bersatu padu demi membangun dan mengangkat harkat dan martabat Punguan Manik Raja ke arah yang lebih baik," ujarnya.

Di acara yang berlangsung dengan suasana akrab itu, Joni Walker berharap ke depannya lahir sosok Manik-manik yang baru yang bisa berkontribusi guna membanggakan Marga Manik, baik di Sumut, Indonesia maupun di dunia.

Joni Walker Manik yang juga Kadisdik Sergai itu pun tak lupa mengucapkan terimakasih kepada seluruh panitia dan undangan yang telah ikut berpartisipasi, sehingga acara syukuran Punguan Manik Raja se-Indonesia bisa berlangsung dengan lancar dan sukses.

Sedangkan, Bupati Soekirman yang ikut hadir pada kesempatan yang sama menilai kegiatan itu sebagai peristiwa budaya yang harus senantiasa dilestarikan.

"Pertemuan ini merupakan gerakan awal dari restorasi budaya dari suku batak toba, terlebih bagi keluarga besar Marga Manik se-Indonesia. Mari bersama kita kembangkan dan pelihara budaya seperti ini. Jangan sampai hilang termakan zaman," pungkas Soekirman seraya menambahkan pihaknya tetap mendukung setiap program-program yang dibuat Punguan Manik Raja yang ada di Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat.

Kemudian, secara bergantian acara diteruskan dengan kata-kata sambutan dari setiap perwakilan DPD maupun DPC Punguan Manik Raja dari Sabang hingga Papua.

Sebelum diakhiri, Tugu dan buku Sejarah Marga Manik yang ditulis oleh Drs Rusman Manik MSc Ak juga dilaunchingkan dan diberikan kepada seluruh jajaran DPD dan DPC Punguan Manik Raja se-Indonesia. 

Selanjutnya, Joni Walker Manik pun diangkat sebagai Ketua DPD Punguan Manik Raja dohot Boruna Provinsi Sumatera Utara untuk periode 2018-2021 dari hasil rapat dan pertimbangan DPP Punguan Manik Raja se-Indonesia serta berdasarkan SK Dewan Pengurus Pusat Nomor 10/KEP/DPP/2018 tentang Penetapan DPD Punguan Manik Raja se-Sumut yang dibacakan Ketua Umum DPP Brigjen TNI Deliaman T Manik. (js)


Berita Lainnya

Index
Galeri