Diselenggarakan oleh Univrab, 200 Pemakalah se-Indonesia Ikuti Senastek di Pekanbaru

Diselenggarakan oleh Univrab, 200 Pemakalah se-Indonesia Ikuti Senastek di Pekanbaru

PEKANBARU - Sekitar 200 pemakalah se-Indonesia mengikuti Seminar Nasional Aplikasi Sains dan Teknologi (Senastek) "Integritas Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Kesehatan (IPTEKes) dalam Penelitan & Pengabdian untuk Peradaban Bangsa" yang diselenggarakan Univeraitas Abdurrab (Univrab), Riau.

"Seminar Nasional ini menjadi salah satu ajang bagi para akademisi nasional untuk mempresentasikan penelitiannya, sekaligus bertukar informasi dan memperdalam masalah penelitian, serta mengembangkan kerjasama yang berkelanjutan," kata Rektor Universitas Abdurrab, Dr. Arisman Adnan, M.Sc di Pekanbaru, Sabtu.

Dikatakannya bahwa tema tersebut diatas dipilih dengan alasan untuk memberikan perhatian dunia akademik tentang pentingnya pengembangan dan penguatan IPTEKes. Hal ini, lanjutnya dalam upaya peningkatan kuantitas dan kualitas penelitian dan pengabdian masyarakat untuk peradaban bangsa kita. 

"Para Akademisi nasional telah banyak menghasilkan penelitian tentang penguatan dan perkembangan IPTEKes dalam kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Namun masih banyak yang belum didiseminasikan dan dipublikasikan secara luas, sehingga tidak dapat diakses oleh masyarakat yang membutuhkan," ujarnya.    

Seminar ini, katanya diikuti oleh peneliti-peneliti dari berbagai bidang ilmu dari seluruh Indonesia yang telah membahas kesehatan dari berbagai sudut pandang bidang kajian. Diantaranya bidang teknik, ilmu kesehatan, psikologi, ekonomi islam, komunikasi, dan politik.

Ketua Panitia Seminar, Dr Yessi Jusman, ST. Msc menambahkan bahwa seminar ini yang pertama diselenggarakan oleh Universitas Abdurrab. Nantinya seminar ini bekerjasama dengan Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) X  akan menerbitkan makalah peserta pada sembilan jurnal. 

"Semua yang dipresentasikan makalahnya juga akan terbit di jurnal nasional, "google scholar" dan digital online journal system selain juga dalam buku prosiding abstaraknya," ungkapnya.

Seminar ini, dikatakannya melebihi target peserta yakni yang mendaftar lebih 200 orang dari 15 provinsi di Indonesia. Ada dari Bali, Sulawesi Tenggara, Mataram yang semuanya adalah dosen pemakalah.

Pemakalah utama dalam seminar ini diantaranya Associate Prof. Dr. Mira Kartiwi, dan Dr. dr. Yeva Rosana MS Sp MK (K), Prof. H. Akhmad Mujahidin M.Ag. Ketiganya berasal dari Universitas Islam Antar Bangsa Malaysia, Universitas Indonesia, dan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Sumber: Antarariau.com


Berita Lainnya

Index
Galeri