RIAU

Wawako Klaim Masyarakat Miskin di Dumai Menurun

Wakil Wali Kota Dumai, Eko Suharjo.

DUMAI - Wakil Wali Kota (Wawako) Dumai, Eko Suharjo menyebut masih ada penduduk miskin di Kota Dumai. Ia mengklaim jumlah masyarakat miskin di Kota Dumai sudah berkurang.

Data Tim Penanggulangan Kemiskinan dan Badan Pusat Statistik (BPS) jumlah penduduk miskin di Kota Dumai pada tahun 2016 yakni 4,74 persen dari total jumlah penduduk Kota Dumai mencapai 280.174 jiwa.

Mereka mencatat jumlah penduduk miskin menurun jadi 13.760 jiwa. Pendapatan perkapita per bulan penduduk di garis kemiskinan di Kota Dumai hanya Rp 369.624. Pada 2015 silam jumlah penduduk miskin di Kota Dumai mencapai 5,26 persen.

Jumlah mereka mencapai 14.970 jiwa. Pendapatan mereka per kapita setiap bulan hanya Rp 353 ribu perkapita/bulan.

"Kami akui masih ada penduduk miskin di Kota Dumai. Tapi jumlah mereka cendrung menurun," terang Eko dalam Rapat Kordinasi Penanggulangan Kemiskinan Kota Dumai, Senin (18/12/2017).

Menurutnya, jumlah itu menempatkan Dumai di nomor dua jumlah penduduk miskin di Provinsi Riau. Posisinya tepat di bawah Kota Pekanbaru.

Ia menyebut ada sejumlah program dalam upaya pengentasan kemiskinan. Seperti program Beras Sejahtera atau Rastra, Program Keluarga Harapan, Program Indonesia Sehat, Program Indonesia Pintar dan Rumah layak Huni.

Serangkaian program ini alah upaya dalam mensejahterakan masyarakat. Tapi harus ada partisipasi semua pihak.

"Mereka juga harus diberdayakan agar lebih produktif. Caranya dengan penyediaan modal dan fasilitasi pengembangan usaha skala mikro," terangnya.

Sumber: Tribundumai.com



[Ikuti Terus Riaurealita.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : +62 0823 8944 0487
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Riaurealita.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan

Video