Fakultas Ilmu Komunikasi UMRI Gelar Kuliah Umum Kehumasan

Fakultas Ilmu Komunikasi UMRI Gelar Kuliah Umum Kehumasan

PEKANBARU - Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) merupakan satu-satunya universitas di Sumatera yang memiliki program studi Hubungan Masyarakat (Humas). Program studi Humas tersebut resmi berjalan sejak 2016 lalu. Meskipun program studi tersebut terbilang masih sangat dini, namun peminatnya sudah cukup meningkat. Hal tersebut terlihat pada jumlah mahasiswa yang mendaftar pada angkatan tahun kedua tepatnya pada 2017 ini.

Mengingat antusias masyarakat terhadap dunia "Kehumasan" semakin meningkat, pihak Universitas Muhammadiyah Riau khususnya Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom) terus berinovasi dan mengembangkan studi kehumasan baik bagi mahasiswa ataupun bagi dosen yang mengajar dengan menggelar kuliah umum dengan tema "Humas Pemerintah, Membangun citra dan Mempertahankan Reputasi" tepat pada Jumat, 15 Desember 2017 pukul 08.00 hingga selesai, yang bertempat di Gedung KH. Ahmad Dahlan lantai 3 tepatnya di kampus 2 Universitas Muhammadiyah Riau yang berada tidak jauh dari jalan nangka disamping Mall SKA Pekanbaru. 

"Adapun tujuan digelarnya kuliah umum ini adalah untuk memberikan pemahaman atau gambaran akademik secara langsung bagaimana sebenarnya praktisi humas tersebut," ungkap M. Tazri, MA. selaku ketua panitia, yang merupakan salah satu dosen dari program studi Hubungan Masyarakat. 

Kuliah umum kehumasan tersebut resmi dibuka oleh Rektor Universitas Muhammadiyah Riau yakni Dr. H. Mubarak M.Si. Dengan tema yang sangat menarik, pihak Universitas Muhammadiyah Riau mengundang Kepala Biro Humas Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI yakni Ir. Djati Witjaksono Hadi M.Sc sebagai pemateri untuk membahas proses penanganan isu-isu lingkungan yang terjadi di Riau terkait peran humas pemerintah dalam membangun citra dan reputasinya.

"Hal tersebut mengingat bencana kabut asap yang terjadi di Riau pada 2015 lalu yang berkepanjangan," ungkap wakil dekan Universitas Muhammadiyah Riau, Jayus S.Sos, M.I.Kom.

Dengan diadakannya kuliah umum kehumasan ini, diharapkan para mahasiswa dan mahasiswi UMRI khususnya pada program studi hubungan masyarakat semakin memahami bagaimana praktisi humas secara praktik bukan hanya sekedar teori. Sangat diapresiasi antusias seluruh mahasiswa dan mahasiswi fakultas ilmu komunikasi yang turut semangat berdiskusi tentang peran humas pemerintah dalam membangun citra dan mempertahankan reputasinya.

Untuk ke depannya, pihak Universitas Muhammadiyah Riau berharap semakin banyak nantinya pelajar yang ingin melanjutkan studi ke perguruan tinggi mengambil program studi hubungan masyarakat tersebut. Hal itu dikarenakan peran humas akan sangat dibutuhkan kedepannya.

Bagi para pelajar yang nantinya ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang kuliah, bisa mendapatkan informasi mengenai beragam program studi khususnya hubungan masyarakat di kampus UMRI yang terletak dipusat kota Pekanbaru yakni kampus 1 yang berada di Jalan KH. Ahmad Dahlan No. 88 Sukajadi, Pekanbaru. Dan bisa juga di kampus 2 UMRI di Jalan Tuanku Tambusai/Nangka tepatnya disamping Mall SKA Pekanbaru.

Wahyu Fitria/Humas Fikom UMRI/Rilis


Berita Lainnya

Index
Galeri