Anggaran 50 Unit Bus Hibah Kemenhub

Kepala UPT PAP Dishubkominfo: Kita Anggarkan Tiga Bulan

Kepala UPT PAP Dishubkominfo: Kita Anggarkan Tiga Bulan
Wisnu Haryanto

PEKANBARU - Bus 50 unit hibah dari Kementerian Perhubungan yang diserahkan ke Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru disebut-sebut tidak dianggarkan untuk pengoperasiannya. Pernyataan itu disampaikan langsung Sekretaris Daerah (Sekda) kota Pekanbaru, Syukri Harto minggu lalu.

Kepala UPT Pengelolaan Angkutan Perkotaan (PAP) Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo), Wisnu Haryanto saat dikonfirmasi mengatakan untuk pengoperasian tersebut sudah dianggarkan. Tapi, dia tidak mengetahui jumlah pastinya.

"Ada dianggarkan, kita kan tahu bus itu akan datang, makanya kita siapkan di APBD Murni 2016. Itu berarti sekda salah. Anggaran 50 bus itu sudah masuk ke anggaran dinas. Dana pengoperasian selama tiga bulan. Tapi saya lupa berapa anggarannya. tanya ke PPTK saja," terangnya.

Lanjutnya, persyaratan untuk dapat bus bantuan tersebut, daerah harus menyiapkan dana untuk pengurusan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) serta biaya penjemputan dan biaya operasional.

"Ongkos bus datang dari Jakarta dan TNKB itu kita yang tanggung. Mungkin maksud pak Sekda itu dana Subsidi yang di BPKAD," jelasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Syukri Harto menyebut 50 unit bus hibah itu belum dianggarkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2016 kota Pekanbaru. Disinggung jika tidak dianggarkan, artinya bus tidak bisa operasikan dia berkilah bisa saja anggaran menggunakan dana Anggaran Pendapatan dan Bekanja Daerah (APBN).

"Belum (dianggarkan). Saya juga belum tau pembahasannya. Tapi bisa saja bus itu dioperasikan menggunakan dana APBN sementara tahun ini," kata dia.

Lanjutnya, dalam penerimaan bus hibah itu pasti ada perjanjian-perjanjian, namun dirinya belum mengatahui apa isi perjanjian itu. "Saya belum tau, bisa saja nanti dalam perjanjian itu, untuk biaya operasianya dibantu APBN, APBD Provinsi, nanti saya cek lagi," terangnya. (das)


Berita Lainnya

Index
Galeri