59.783 Pelamar Lolos Tes Pertama CPNS Kemendikbud

59.783 Pelamar Lolos Tes Pertama CPNS Kemendikbud
Ilustrasi.

JAKARTA - Sebanyak 59.783 pelamar lolos seleksi tahap awal atau seleksi berkas calon pegawai negeri sipil (CPNS) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 2017.

Menurut data dalam laman https://sscn.bkn.go.id, total pelamar di instansi tersebut berjumlah 162.225 orang pada 25 September 2017. Artinya sebanyak 102.442 pendaftar tidak lulus tahap awal.

Seleksi awal atau seleksi berkas merupakan tahap berkas para pelamar dipilih kelengkapannya. Jika di tahap ini pelamar tidak memenuhi persyaratan berkas, konsekuensinya tidak bisa mengikuti rangkaian seleksi selanjutnya.

Dalam laman resmi tersebut, tertulis pelamar yang namanya tidak tercantum dalam lampiran pengumuman tersebut dinyatakan tidak memenuhi persyaratan dan tidak berhak mengikuti SKD (seleksi kompetensi dasar).

Pelamar yang dinyatakan memenuhi persyaratan agar selalu memantau laman cpns.kemdikbud.go.id untuk melihat jadwal, lokasi SKD, serta jadwal pencetakan kartu tanda peserta seleksi.

Adapun rincian jumlah peserta yang lolos berdasarkan unit kerja adalah Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa sebanyak 25.977 pelamar. Jumlah ini terbanyak di antara jumlah peserta yang lolos di unit lain.

Lalu inspektorat jenderal 11.048 pelamar, sekretariat jenderal 9.479 pelamar, Badan Penelitian dan Pengembangan 5,562 pelamar, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah 2.578 pelamar, juga Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat sebanyak 2.195 pelamar.

Sedangkan pelamar yang lolos dengan jumlah terkecil berada di Direktorat Jenderal Kebudayaan sebanyak 1.157 serta Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan 1.787 pelamar.

Peserta yang dinyatakan lulus seleksi awal CPNS akan menjalani tes kedua, SKD. Adapun jadwal dan lokasi tes dapat dilihat di cpns.kemdikbud.go.id.

Sumber: Tempo.co


Berita Lainnya

Index
Galeri