Kemendikbud dan Kemristekdikti Tunda Pengumuman CPNS 2017, Ini Alasannya

Kemendikbud dan Kemristekdikti Tunda Pengumuman CPNS 2017, Ini Alasannya
Ilustrasi.

JAKARTA - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menunda jadwal pengumuman peserta seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) yang lulus tahap administrasi. Berdasarkan jadwal tahapan seleksi, Kemendikbud seharusnya mengumumkan peserta CPNS yang lulus tahap pertama atau seleksi administrasi pada Senin (9/10/2017).

Selain itu, Kemendikbud semestinya juga menentukan jadwal daftar peserta, waktu, serta tempat seleksi tahap selanjutnya, yakni tes kompetensi dasar. Pengumuman akan disampaikan kembali setelah Panitia Seleksi CPNS Kemendikbud mendapatkan informasi mengenai alamat lokasi seleksi dari Panitia Seleksi CPNS Nasional.

"Karena jumlah pendaftar CPNS di Kemdikbud banyak di luar prediksi maka panitia masih koordinasi dengan panitia pusat untuk sarana dan prasarana tes. Pengumuman akan segera diumumkan setelah permasalahan sarana dan prasarana tes diselesaikan," kata Kepala Pusat Teknologi dan Informasi Kemdikbud Ari Santoso kepada CNNIndonesia.com, Selasa (10/10/2017).

Pelamar CPNS Kemendikbud sendiri telah mendaftar pada 11-25 September 2017 secara online. Mereka yang lolos seleksi administrasi berhak mengikuti tes lanjutan yakni tes kompetensi dasar.

Kemendikbud membuka lowongan CPNS sebanyak 300 posisi pada 2017. Semua posisi tersebut terdiri dari 8 unit kerja yaitu Sekretariat Jenderal, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Inspektorat Jenderal, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, serta Badan Penelitian dan Pengembangan.

Dari 61 lembaga yang membuka lowongan CPNS, Kemendikbud merupakan lembaga dengan jumlah pelamar terbanyak. Ada sekitar 162.225 peserta yang mendaftarkan diri untuk ikut tes CPNS Kemendikbud tahun ini. 

Tingginya jumlah tersebut mengalahkan jumlah pelamar di Kementerian Kesehatan dan Kementerian Keuangan, masing-masing diminati oleh 77.706 dan 60.689 pelamar.

Seleksi Kompetensi Dasar Kemristekdikti Molor

Sementara itu, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi juga menunda jadwal seleksi kompetensi dasar (SKD) bagi peserta CPNS yang telah lolos tahap administrasi. Mulanya, Kemristekdikti menjadwalkan tes kompetensi dasar pada Rabu (11/10). Namun, jadwal itu kemudian ditunda.

Penundaan itu dipublikasi melalui laman cpns.ristekdikti.go.id. Meski begitu, pihak Kemenristekdikti tidak menjelaskan secara spesifik terkait penundaan jadwal tes kompetensi dasar. 

“Sehubungan dengan kebijakan Panselnas tentang pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) berbasis CAT BKN, saat ini Panitia Seleksi Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi sedang melakukan koordinasi bersama Panselnas terkait teknis pelaksanaan SKD. Hal ini berdampak pada tertundanya jadwal pencetakan kartu ujian dan pelaksanaan SKD yang semula akan dimulai tanggal 11 Oktober 2017." Demikian bunyi pengumuman di lama tersebut.

Selain itu, fitur login bagi pelamar saat ini juga sedang dinonaktifkan. Pihak panitia akan mengumumkan lebih lanjut terkait pelaksanaan pencetakan kartu ujian beserta jadwal SKD.

Berdasarkan jadwal semula, peserta yang lolos tes kompetensi dasar akan diumumkan pada 25 Oktober mendatang. Sesuai jadwal, seleksi kompetensi bidang akan dilaksanakan pada 1 November. Sementara pengumuman kelulusan pada 20 November, dan pemberkasan akhir pada 21 November hingga 10 Desember 2017.

Sebelumnya, Kemristekdikti juga mengundur jadwal pengumuman daftar peserta CPNS yang lolos tahap administrasi. Berdasarkan rencana awal, Kemristekdikti seharusnya mengumumkan peserta yang lolos tahap administrasi pada 30 September. Namun, pengumuman baru dikeluaran pada Sabtu lalu (7/10) di laman cpns.ristekdikti. 

Sumber: CNNIndonesia.com


Berita Lainnya

Index
Galeri