Terekam 144 kali Gempa Vulkanik Dalam di Gunung Agung

Terekam 144 kali Gempa Vulkanik Dalam di Gunung Agung
Gunung Agung

JAKARTA - Aktivitas vulkanik Gunung Agung di Kabupaten Karangasem Provinsi Bali tecatat tinggi.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengungkap Kamis (21/9/2017) antara pukul 06.00 – 12.00 WIB terekam 144 kali gempa vulkanik dalam dan 10 kali gempa vulkanik dangkal.

Sedangkan Rabu (20/9/2017), menurut Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho, pos Pengamatan Gunungapi Agung merekam 563 kali gempa vulkanik dalam dan 8 kali gempa vulkanik dangkal.

Sutopo menuturkan terdapat proses pergerakan magma yang mendorong permukaan dan meruntuhkan batuan yang menyumbatnya di pada jarak 5 kilometer di bawah permukaan bumi.

"Status Gunung Agung masih Siaga (Level III)," ujar Sutopo kepada Tribunnews.com, Kamis (21/9/2017).

Rekomendasi PVMBG, kata Sutopo, masyarakat sekitar dan pendaki, pengunjung dan wisatawan agar tidak beraktivitas, tidak melakukan pendakian dan tidak berkemah di dalam area kawah Gunung Agung.

Kemudian di seluruh area di dalam radius 6 kilometer dari kawah puncak Gunung Agung.
Lalu pada elevasi di atas 950 meter dari permukaan laut dan ditambah perluasan sektoral ke arah Utara, Tenggara dan Selatan-Baratdaya sejauh 7,5 kilometer.

"Artinya di dalam wilayah tersebut harus kosong atau tidak ada aktivitas masyarakat karena berbahaya jika sewaktu-waktu gunung meletus," jelasnya.(fery/tribunnews)


Berita Lainnya

Index
Galeri