Buka Lokakarya, Wakil Walikota Pekanbaru Ajak Tingkatkan Kesehatan

Buka Lokakarya, Wakil Walikota Pekanbaru Ajak Tingkatkan Kesehatan
Wakil Walikota Pekanbaru Ayat Cahyadi,S.Si memotong tumpeng dalam acara LKMM 1 di Aula Kantor Camat
PEKANBARU - Wakil Walikota (Wawako) Pekanbaru, Ayat Cahyadi mengatakan upaya promotif, prepentif dan kuratif harus dilaksanakan dengan baik guna meningkatkan derajat kesehatan di tengah masyarakat.

Hal ini dilakukan, mengingat perubahan cuaca saat ini merupakan salah satu penyebab berkembangbiaknya berbagai penyakit seperti Demam Berdarah Dengue (DBD) yang harus diwaspadai.

Penegasan tersebut disampaikan Wawako saat membuka secara resmi Lokakarya mini masyarakat (LKMM) 1, mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Riau (PSIK UR) angkatan 2011, dan Pelantikan Kepengurusan RW Siaga di Aula Kantor Camat Sail, Kamis ( 31/12/2015 ).

"Kehadiran mahasiswa Ners Muda dari Program Studi Ilmu Keperawatan (PSIK) Universitas Riau di Kelurahan Sukamaju Kecamatan Sail ini, sangat positif dalam meningkatkan kesehatan di tengah masyarakat dengan melakukan berbagai kegiatan seperti membentuk RW Siaga," kata wawako.

Wawako mengharapkan agar Ners Muda yang sedang melakukan praktek profesi Program Studi Ilmu Keperawatan UNRI ini dapat memberikan kontribusi yang baik bagi masyarakat setempat di bidang pelayanan kesehatan dan selanjutnya menjadi referensi bagi ners muda dalam meningkatkan Ilmu Keperawatan di tengah masyarakat.

Sementara itu, Sekretaris Camat Sail, Nurzaman Spd, M.Si mengatakan pembentukan RW Siaga adalah  untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat guna membantu tim kesehatan dalam menindak lanjuti tugasnya di tengah masyarakat dengan memberikan informasi kepada petugas kesehatan.

"Di Kelurahan Sukamulya terdapat 3 RW Siaga yang senantiasa membantu tim kesehatan dalam memberikan pelayanan kesehatan masyarakat yakni RW 1, 3 dan 4 dari lima RW yang ada di kelurahan Sukamulya Kecamatan Sail," kata Nurzaman.

Nurzaman minta jika diperlukan, Siaga Pelayanan Kesehatan ini harus sampai ketingkat RT, karena RT yang merupakan perangkat kelurahan paling dekat dengan warga.

Koordinator Praktik Profesi Program Studi Ilmu Keperawatan UNRI, Ari Pristiana Dewi, M,Kep menjelaskan saat ini terdapat 36 Ners Muda dari PSIK UNRI yang melakukan tugas lapangan di kelurahan Sukamaju selama 10 minggu dan Program Praktik ini sudah berlangsung selama 3 minggu dengan melakukan berbagai kegiatan seperti membentuk RW Siaga, memberikan penyuluhan kepada masyarakat, lomba pelaku hidup bersih dan sehat, lomba RT Sehat dan senam sehat.

"Praktik Ners muda PSIK UR pada LKMM 1 ini bertujuan untukmengatasi masalah kesehatan secara mandiri, mewujudkan derajat kesehatan yang optimal dan memberikan tindakan promotif dan prefentif kesehatan kepada masyarakat," kata Ari Pristiana Dewi.

Lokakarya Mini masyarakat 1 dan Pelantikan kepengurusan RW Siaga bersama Ners Muda Unri juga turut dihadiri Ketua PGRI Raiu DR, Syahril dan dari Dinas Kesehatan Propinsi Riau. (das)


Berita Lainnya

Index
Galeri