27 Persen Warga Pekanbaru Tak Punya KTP

27 Persen Warga Pekanbaru Tak Punya KTP
Kepala Disdukcapil Pekanbaru, Baharuddin
PEKANBARU - Sampai akhir tahun 2015, setidaknya ada 27 persen warga Pekanbaru yang tidak memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP). Dari jumlah warga yang sudah wajib KTP mencapai 749.633 jiwa, hanya 493.138 jiwa yang sudah memiliki KTP.

Demikian diungkapkan Kepala Disdukcapil Pekanbaru, Baharudin kepada Wartawan, Rabu (30/12/2015). Sementara jumlah penduduk Pekanbaru saat ini mencapai 1.083.750 jiwa.

"Kalau dilihat dari jumlahnya memang masih banyak yang belum memiliki KTP namun dari persentasenya, tingkat kesadaran masyarakat untuk mengurus KTP sudah terbilang tinggi atau mencapai 73 persen," kata Baharudin.

Masih banyaknya masyarakat yang belum memiliki KTP disinyalir selain dikarenakan kebiasaan masyarakat yang mengurus ketika baru diperlukan, ada juga karena masih tergolong baru wajib KTP.

"Kalau ditargetkan seluruh warga yang sudah wajib KTP sampai 100 persen susah juga, karena setiap harinya jumlah warga yang wajib KTP juga terus bertambah. Karena setiap hari selalu ada yang usianya baru genap 17 tahun," jelasnya.

Mengenai sosialisasi kepada masyarakat sendiri, Bahar menyebut sudah sangat maksimal. Imbauan menurutnya sudah dilakukan terus menerus dalam berbagai kesempatan.

"Ibaratnya sudah berbuih-buihlah kita menyampaikan agar masyarakat mematuhi administrasi kependudukan," tutupnya. (das)


Berita Lainnya

Index
Galeri