Lahan 200 Hetar Disiapkan untuk Tanam Kedelai

Lahan 200 Hetar Disiapkan untuk Tanam Kedelai
El Syabrina
PEKANBARU - Dinas Pertanian dan Perternakan (Distanak) Kota Pekanbaru kembangkan budidaya Kedelai. Program yang direalisasikan tan 2016 ini akan ditanam di ata laan 200 hektar.

Demikian dikatakan Kepala Distanak Pekanbaru, El Syabrina kepada Wartawan, Senin (21/12) kemarin. Dia mengatakan, budidaya kedelai akan dikembangkan dalam mewujudkan cita-cita tanaman pangan.

"Pemerintah Pusat bersedia kucurkan dana untuk pengembangan tanaman kedelai di Kota Pekanbaru," kata dia.

Seharusnya pegembangan pangan tersebut berupa Padi, Jagung dan kedelai. Namun lantaran di Pekanbaru tidak ada bercocok tanam berupa Padi, maka yang di kembangkan dua tanaman saja, jagung dan Kedelai.

"Untuk budidaya kedelai ini akan ditanam pada lahan dengan seluas 200 hektar melalui dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN)," sebutnya.

Tahun 2016 mendatang mulai dioperasikan dan digerakkan. Lokasinya di empat kecamatan dengan total luas 200 hektar tersebut tersebar di Kecamatan Tenayan Raya, Kecamatan Marpoyan Damai, Rumbai dan Rumbai Pesisir.

Dijelaskan El Syabrina, program tanaman kedelai tersebut dari 200 hektar, lahanya dari masyarakat sedangkan pemerintah membantu Bibit dengan pupuk.

"Ini dilakukan untuk memotivasi petani agar semangat menanam tanaman tersebut. Ketika mereka panen, maka dana tesebut dapat digunakan untuk pengembangan selanjutnya," ungkapnya.

 

 

 


Berita Lainnya

Index
Galeri