Tahun Depan di Pekanbaru Ada Koperasi Online

Tahun Depan di Pekanbaru Ada Koperasi Online

PEKANBARU - Mulai tahun depan, di kota Pekanbaru bakal ada e-koperasi atau koperasi online. Saat ini Dinas Koperasi (Diskop) dan UMKM Kota Pekanbaru sedang menyiapkan aplikasi sistem informasi koperasi online tersebut.

Kepala Diskop dan UMKM Pekanbaru, Ingot Ahmad Hutasuhut mengatakan, nantinya semua data informasi koperasi yang ada di Pekanbaru bisa diakses melalui aplikasi tersebut.

"Tahun 2016 kita akan fokus e-koperasi, aplikasi sedang disiapkan," kata Ingot, Jumat (11/12/2015).

Kata dia, semua kinerja koperasi yang ada di Pekanbaru bisa selalu dipantau. Sistem ini menurutnya akan menguntungkan publik mau pun penyandang dana yang bergabung atau menyalurkan dana bergulirnya.

"Aplikasi e-koperasi saat ini sedang disiapkan. Dengan aplikasi ini publik bisa mengakses perkembangan koperasi. Tentu masyarakat yang mau gabung kalau yang cocok dan sehat, informasi bisa dilihat lewat online," terangnya.

Lanjutnya, saat ini pihaknya masih merampungkan data koperasi yang berada di Pekanbaru ke Online Data System (ODS). Nantinya dari ODS tersebut Kementerian Koperasi dan UMKM RI akan memverifikasi yang selanjutnya diserahkan sertifikat Nomor Induk Koperasi (NIK). Hal ini bagian dari program revitalisasi dari Kementerian Koperasi dan UKM RI.

"Koperasi yang sudah tersertifikasi akan dengan mudah memiliki akses dengan perbankan untuk kebutuhan modal. Kalau ada bantuan dari pemerintah atau lembaga lainnya, koperasi yang tidak melakukan update data ke kita tidak akan direkomendasikan," paparnya.

Dia berharap agar pengurus koperasi aktif segera melaporkan kepengurusan dan kinerjanya termasuk hasil Rapat Anggota Tahunan (RAT) koperasi. Hingga saat ini, sudah ada lebih dari 200 koperasi di Kota Pekanbaru yang melaporkan aktivitasnya dan telah dilaporkan ke Kementerian untuk mendapatkan Nomor Induk Koperasi (NIK). Namun jumlah ini kemungkinan bertambah dengan koperasi-koperasi baru. (das)
 


Berita Lainnya

Index
Galeri