Permudah Pelayanan Publik, Dumai Galakkan Smart City

Permudah Pelayanan Publik, Dumai Galakkan Smart City
Wakil Wali Kota Dumai, Eko Suharjo.
DUMAI - Pemerintah Kota Dumai berencana menerapkan program Smart City atau konsep Kota Cerdas untuk memberi kemudahan pelayanan publik dan transparan dengan berbasis teknologi.
 
Wakil Wali Kota Dumai Eko Suharjo mengatakan, untuk persiapan menuju smart city tersebut, pemerintah daerah bekerjasama dengan tim teknologi informasi yang akan mempersiapkan aplikasi pelayanan kepada masyarakat.
 
"Program smart city kita rencanakan dengan aplikasi untuk pajak bumi bangunan dan pengawasan siswa sekolah secara online, karena itu sudah digandeng tim teknologi informasi," kata Eko, Selasa (15/11/2016).
 
Menurut dia, daerah dengan inovasi teknologi dalam pelayanan publik tidak saja harus dengan aplikasi berbasis teknologi, akan tetapi bisa juga dengan kota yang memiliki solusi dalam mempercepat pembangunan.
 
Sebab, sejauh ini pemerintah daerah masih terkendala minim fasilitas dan belum ada format baku dari Kementerian Kominfo RI berdasarkan karakter masing masing daerah yang berbeda untuk rencana pemanfaatan smart city tersebut.
"Kita juga masih menunggu anggaran dari pusat untuk pemanfaatan smart city ini," terang dia.
 
Dia berharap, selain memudahkan pelayanan publik, smart cityt juga bentuk transparansi pengelolaan pemerintah secara baik dan transparan tanpa birokrasi yang rumit.
 
Sementara, Pakar IT Onno W Purbo menyebutkan, sejumlah kota di Indonesia sudah menerapkan program kota cerdas dengan memiliki basis data terintegrasi dalam rangka memenuhi informasi seputar layanan masyarakat dan pengawasan kinerja pemerintah. (ade/mcr)
 


Berita Lainnya

Index
Galeri