Masyarakat Diminta Waspada Ancaman Kedaulatan NKRI

Masyarakat Diminta Waspada Ancaman Kedaulatan NKRI
Wakil Bupati Inhu, H Khairizal.
RENGAT - Pemerintah Kabupaten Inhu bersama Kodim 0302 Inhu dan Polres Inhu menggelar sosialisasi perkembangan ancaman kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang digelar di Gedung Dang Purnama Rengat, Selasa (15/11/2016).
 
Kegiatan yang dibuka Wakil Bupati Inhu H Khairizal ini melibatkan sekitar 600 peserta mulai dari camat, kepala desa, Bhabinkamtibmas, Babinsa, tokoh masyarakat, tokoh agama, organisasi kemasyarakatan dan kepemudaan, organisasi keagamaan, dosen dan mahasiswa serta guru dan pelajar.
 
Dijelaskan Wabup, saat ini bangsa Indonesia tengah berupaya untuk memerangi sejumlah ancaman yang mampu melumpuhkan semangat berbangsa dan bernegara. Ancaman itu diantaranya korupsi yang merajalela, bahaya narkoba serta kejahatan terorisme. “Dari sejumlah kasus yang terjadi di beberapa daerah, sudah banyak oknum yang dipidana akibat pelanggaran korupsi dan pungutan liar,” jelasnya.
 
Karena itu Wabup H Khairizal mengingatkan kepada semua pihak, terutama Aparatur Sipil Negara di Kabupaten Inhu, agar dalam menjalankan tugas serta wewenangnya tetap mengacu pada aturan yang berlaku. 
 
Kemudian menyikapi ancaman bahaya narkoba, Wabup mengajak kepada mahasiswa dan pelajar sebagai generasi muda penerus bangsa untuk bersama-sama memerangi penyalahgunaan narkoba. Sebab sasaran utama dari ancaman narkoba adalah generasi muda yang menjadi ujung tombak bangsa kedepannya. “Generasi muda adalah ujung tombak suatu negara. Ketika generasi mudanya lemah, maka habislah kita,” kata Wabup.
 
Sedangkan menyikapi bahaya terorisme yang terjadi, Wabup mengimbau kepada kepala desa, tokoh agama dan tokoh masyarakat untuk memberikan pemahaman yang benar guna mencegah munculnya pemahaman serta aliran-aliran keagamaan yang salah.
 
Selain Wabup Khairizal, pemaparan terhadap ancaman kedaulatan NKRI serta upaya mengatasinya juga disampaikan oleh Perwira Penghubung Mayor Inf IM Samosir dari Kodim 0302 Inhu dan Kabag Ops Polres Inhu, Kompol Franky Tambunan. 
 
Sosialisasi perkembangan ancaman kedaulatan NKRI merupakan tindaklanjut dari pelaksanaan apel tiga pilar, yakni pemerintah, TNI dan Polri yang telah dilaksanakan sebelumnya di halaman Kantor Gubernur Riau, Pekanbaru, beberapa waktu lalu. (max/hms)
 


Berita Lainnya

Index
Galeri