Di Dumai, Kartu Identitas Anak Mulai Dibagikan

Di Dumai, Kartu Identitas Anak Mulai Dibagikan
Wakil Wali Kota Dumai, Eko Suharjo.
DUMAI - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil  (Disdukcapil) Kota Dumai mulai membagikan Kartu Identitas Anak (KIA) sebagai pendataan anak dan syarat terselenggaranya proses pembangunan mensejahterakan masyarakat.
 
Wakil Wali Kota Dumai, Eko Suharjo usai penyerahan KIA pada tiga perwakilan pelajar menyebut, ketertiban administrasi dasarnya jadi tanggung jawab bersama pemerintah dan masyarakat karena penting agar pembangunan hak juga harus diberikan kepada anak.
 
"Kartu identitas tidak saja untuk orang dewasa, tapi anak juga perlu mengingat maraknya tindak kekerasan dan agar kita lebih konsentrasi melindungi anak, baik di lingkungan rumah atau sekolah," kata Eko, Senin (7/11/2016).
 
Karena banyak hal negatif menimpa anak, maka sebagai pelindung mereka, wajib menjamin keamanan dan kenyamanan agar menghasilkan generasi muda yang cerdas berkualitas dan bermoral.
 
"Penting sekali agar kita semua peduli dan saling membahu memastikan, mewaspadai segala bentuk kegiatan anak-anak kita supaya hak mereka terpenuhi dan terhindar dari tindak kejahatan," kata dia.
 
Untuk memberi rasa aman dan nyaman anak, diperlukan upaya agar tidak ada lagi halangan untuk mencerdaskan anak bangsa, seperti fasilitas aman dalam menuntut ilmu dan merangsang minat belajar.
 
"Mengajak peran semua untuk konsentrasi terhadap hal ini dan pemberian KIA untuk mempermudah administrasi dalam pengurusan berbagai doumen yang diperlukan anak," ucapnya.
 
KIA akan menjadi tanda pengenal atau bukti diri yang sah bagi anak saat melakukan pelayanan publik seperti saat akan mengurus paspor, syarat pendaftaran masuk sekolah, layanan kesehatan dan lain sebagainya.
 
Sementara, Kepala Bidang Pencatatan Sipil Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Dumai Muhammad Wazir mengatakan, saat ini sudah sekitar 45 ribu anak yang terdata dan akan dibuatkan kartu identitas.
 
"Kita sudah jemput bola dengan mendatangi sekolah dan saat ini sudah sekitar 45 ribu anak yang terdata dan akan kita cetak kartu KIA untuk diserahkan melalui sekolah," sebut Wazir. (max/mcr)
 


Berita Lainnya

Index
Galeri