Walikota Pimpin Apel Siaga Banjir

Walikota Pimpin Apel Siaga Banjir
Walikota Pekanbaru, Dr H Firdaus ST MT meninjau peralatan siaga darurat bencana banjir 2015 di halam
PEKANBARU - Walikota Pekanbaru Dr H Firdaus ST MT pimpin apel siaga banjir di halaman kantor Walikota Pekanbaru, Rabu (2/12/2015). Apel siaga sebagai ajang koordinasi dalam melakukan konsolidasi menghindari dan menanggulangi banjir.
 
Konsolidasi untuk siaga perlu dilakukan mengingat saat ini curah hujan mulai meningkat. Dalam apel siaga banjir juga melibatkan Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran (BPBPK) Pekanbaru, Dinas Kesehatan (Diskes) Pekanbaru, Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo), Satpol PP serta para camat.
 
Walikota menuturkan, seluruh komponen mulai dari TNI, Polri higga lurah bahkan mahasiswa terlibat dalam penanganan dan siaga banjir. "Semuanya perlu mengerti dan memahami sifat banjir serta bagaimana menanggulangiya. Tetunya sadar kapan banjir menjadi perhatian," ungkapnya.
 
Disampaikannya, untuk Pekanbaru ini memiliki dua tipelogi, yang pertama Pekanbaru daerah datar dan dataran rendah, dengan pertumbuhan pembangunan yang pesat, untuk membangun peninggian di lokasi perlu mendatangkan tanah, maka  terjadi perubahan tanah, dari  itu perubahan ini bisa mempengarui tersumbatnya drainase.
 
"Untuk mengantisipasi itu para camat dan lurah, sampai ke RT dan RW Tokoh masyarakat dan pemuda harus menjaga kondisi drainase disetiap wilayahnya," kata Walikota.
               
Tipelogi yang kedua, yang harus diantisipasi adalah banjir dibantaran sungai siak, penyebab terjadinya banjir di bantaran sungai siak, diataranya terjadi pasang surut karena dengan volume hujan yang tinggi bertemu debit air di Pekanbaru itulah yang membuat kota banjir.
 
Pengendalian banjir di bantaran sungai Siak harus menggunakan pompa, apabila pompa tidak mampu menampung debit, maka akan terjadi banjir. Firdaus berharap, agar seluruh Stakholder untuk selalu siaga dalam menjaga dan memperhatikan lingkungan disekitarnya supaya tercipta masyarakat sehat dan sejahtera serta dapat meghindari banjir. (das)


Berita Lainnya

Index
Galeri