Bupati Irwan Komit Kembangkan UMKM Kepulauan Meranti

Bupati Irwan Komit Kembangkan UMKM Kepulauan Meranti
Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti, H Irwan Nasir.
SELATPANJANG - Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti H Irwan Nasir berkomitmen mendorong dan membina pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di wilayah setempat menuju kemandirian, terbukti dari keberhasilannya meraih penghargaan bergengsi dari Bank Riau - Kepri.
 
"Tahun ini Bupati Irwan meraih UMKM Award kategori pembina dan penggerak terbaik," kata Bagian Humas Meranti Arif di Meranti, usai  puncak Anugrah UMKM Award Ke-8 di Ballroom Dang Merdu, Bank Riau-Kepri Pekanbaru, Ahad (30/10/2016).
 
Arif menjelaskan, selain Kabupaten Meranti, pemberian Award dilakukan kepada 20 debitur terbaik hasil seleksi se-Provinsi Riau-Kepulauan Riau.
 
"Salah satu penerima adalah Jamilah warga Selatpanjang Kabupaten Kepulauan Meranti," ujarnya.
 
Jamilah adalah salah seorang pengusaha yang bergerak di bidang industri tempe.  Dirinya berhasil meraih Juara 1 Kategori Usaha Mikro Produksi dan Industri. Karena dinilai berhasil dalam pengembangan kerajinan makanan khas Indonesia tersebut.
 
"Ia berhak mendapat Award yang diserahkan Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setdaprov Riau," katanya menambahkan.
 
Di sisi lain, Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setdaprov Riau, Masperi dalam sambutannya mengucapkan selamat dan menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya acara tersebut.
 
Ia berharap dengan adanya penghargaan terhadap para pelaku UMKM menjadi inspirasi dan inovasi bagi penerima, apalagi award ini telah berjalan delapan tahun berturut-turut dan kegiatan itu secara tidak langsung telah membantu pemerintah memacu semangat para pengusaha kecil se-Provinsi Riau dan Riau Kepri.
 
Ia juga menjelaskan pelaku UMKM sangat berperan dalam meningkatkan perekonomian masyarakat, memenuhi kebutuhan serta menyerap tenaga kerja yang ada.
 
Apalagi pelaku UMKM dapat mendorong perubahan secara sektoral serta tumbuh dan berkembang konsisten.
 
Tidak jauh berbeda pendapat Direktur  Bank Riau-Kepri Irvandi Gustari mengatakan sebagai bank daerah pihaknya komit mengembangkan UMKM, dengan memberikan anugrah kepada siapa saja yang mampu, sukses mendorong dan membangun keberhasilan.
 
"Seperti yang diraih Bupati Kepulauan Meranti, sebagai Pembina dan Penggerak UMKM di wilayahnya," tegas Irvan.
 
Menurut dia lagi Bank Riau Kepri (BRK) terus berkomitmen menumbuhkembangkan ekonomi Provinsi Riau dan Kepulauan Riau melalui pembiayaan UMKM.
 
Irvandi menyebutkan pemberian UMKM Award BRK yang ke-8 itu dilakukan melalui proses seleksi sejak Juli lalu. Sebanyak 176 debitur produk pembiayaan produktif ikut. Pada tahap awal dipilih 40 debitur.
 
Ditambahkan Irvandi Gustari saat seleksi para juri langsung melakukan penilaian ke lapangan, ke tempat usaha para debitur Bank Riau Kepri tersebut.
 
"Tim juri menilai para pelaku UMKM dari segi omset, kelancaran pengembalian kredit, potensi pemasaran serta berapa kali mengajukan pembiayaan dan pengaruh pembiayaan dengan pertumbuhan usaha," kata Irvandi.
 
Adapun penghargaan yang diberikan terdiri dari empat kategori. Masing-masing usaha mikro produksi terbaik, usaha mikro jasa terbaik, usaha kecil produksi terbaik dan usaha kecil jasa terbaik.
 
Irvandi berharap penghargaan yang diberikan rutin oleh Bank Riau Kepri itu setiap tahunnya dapat memacu semangat para pelaku UMKM dalam mengembangkan usahanya menjadi lebih baik dan besar. (max/ant)
 


Berita Lainnya

Index
Galeri