Duh, Dinsos Pekanbaru Gagal Bangun Rumah Singgah

Duh, Dinsos Pekanbaru Gagal Bangun Rumah Singgah
PEKANBARU - Harapan Dinas Sosial dan Pemakaman (Dinsos) Pekanbaru untuk membangun rumah singgah bagi Gelandangan dan Pengemis (Gepeng), pupus sudah. Dinsos Pekanbaru gagal membangun rumah singgah lantaran anggaran dipangkas.
 
Demikian diungkap Kepala Dinsos Pekanbaru, Chairani kepada Metro Riau, Selasa (1/30/2015). Anggaran yang diajukan Dinsos Pekanbaru untuk seluruh kegiatan mencapai Rp25 miliar, tapi pengajuan itu disetujui sebesar Rp9,4 miliar saja.
 
"Rumah singgah dicoret, kita coba ganti dengan rumah penampungan sementara. Untuk rumah penampungan sementara itu dianggarkan sebesar Rp500 jutan" kata dia.
 
Jika memungkinkan, pihaknya kembali memasukkan anggaran rumah singgah pada Anggaran Pendapatan dan Belanjan Daerah (APBD) Perubahan 2016 mendatang. Menurutnya, untuk rumah singgah itu, setidaknya membutuhkan anggaran sebesar Rp2 miliar.
 
"Rencana akan kita ajukan lagi di APBD-P tahun depan. Rp4 miliar untuk panti. Kalau rumah singgah, setengah itu lah (Rp2 miliar)," terangnya.
 
Untuk sementara, alternatif lain, kata dia, pihaknya juga akan mengajukan proposal kepada perusahaan. Dia berharap ada progran CSR perusahaan yang bisa membantu membangun rumah singgah di Pekanbaru.
 
"Alternatifnya juga kita cari perusahaan yang menggunakan CSR. Rumah singgah ini titik wilayah yang kita mau di Tenayan Raya dan Bukit Raya," imbuhnya. (das/hrc)
 


Berita Lainnya

Index
Galeri