Lepas Jabatan, Sekda Kepulauan Meranti Hijrah ke Pemprov Riau

Lepas Jabatan, Sekda Kepulauan Meranti Hijrah ke Pemprov Riau
Drs H Iqaruddin MSi.
SELATPANJANG - Drs H Iqaruddin MSi melepas jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) Kepulauan Meranti dan pindah ke Pemprov Riau. Untuk sementara jabatan itu dipercayakan Bupati Kepulauan Meranti, Drs H Irwan MSi kepada Pelaksana Tugas (Plt), Yulian Norwis SE MM. Acara serah terima jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kepulauan Meranti itu dilaksanakan di Aula Kantor Bupati Kepulauan Meranti, Jumat (14/10/2016).
 
Hadir dalam kesempatan itu, Wakil Ketua DPRD Kepulauan Meranti Muzamil, Kapolres AKBP Barliansyah SIk, perwakilan Kejaksaan Negeri, Danramil 04 Selatpanjang, Kakan Kemenag, para Asisten dan Kepala SKPD serta sejumlah tokoh organisasi masyarakat.
 
Prosesi serah terima ditandai dengan penandatanganan Surat Keputusan (SK) Serah Terima Jabatan oleh pejabat lama Drs H Iqaruddin MSi dan pejabat baru Yulian Norwis SE MM, yang disaksikan oleh Bupati Kepulauan Meranti, Drs H Irwan MSi.Dalam sambutannya Bupati Irwan mengucapkan terima kasih kepada pejabat lama atas pengabdian dan jasa-jasanya selama 6 tahun bertugas di Kabupaten Kepulauan Meranti.
 
"Jabatan sebuah amanah yang bisa datang dan pergi, secara pribadi dan atas nama masyarakat saya mengucapkan terima kasih, atas jasa dan pengabdian (Iqaruddin) mulai dari Meranti belum menjadi apa-apa hingga seperti saat ini," ujar Bupati.
 
Dijelaskan Bupati, serah terima jabatan Sekda ini sangat penting bagi jalannya roda pemerintahan daerah, karena jabatan Sekda sangat strategis dan menentukan dalam percepatan program Pemda.
 
"Jabatan Bupati merupakan jabatan politik, sementara Sekda dialah yang sebenarnya memimpin seluruh pegawai yang ada," terang Bupati yang mengaku memiliki hubungan emosional yang dekat dengan Iqaruddin.
 
Sementara kepada Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah Yulian Norwis SE MM, Bupati Irwan mengucapkan selamat menjalankan tugas. Seraya meyakini dibawah kepemimpinan Yulian Norwis dapat mengkoordinir urusan internal kepegawaian tetapi juga keluar mampu menjalin kerjasama yang baik dengan seluruh elemen masyarakat serta Forkopimda berbekal pengalaman sebagai pegawai pusat dan daerah.
 
"Sekda ini bukan hanya sekedar menjabat eselon II A, tapi lebih daripada itu harus mampu menjadi koordinator dilingkungan Pemda, tetapi juga dengan tokoh masyarakat serta Pemerintah Pusat dan Provinsi," papar Bupati.
 
Bupati Irwan mengaku yakin dengan pengalaman Yulian Norwis yang sebelumnya pernah menjadi pejabat Kementerian akan memudahkan koordinasi baik di tingkat pusat maupun tingkat Provinsi.
 
"Kita harapkan juga dengan lobi-lobi yang baik dana APBN dan APBD akan mampu diraih demi mendukung pembangunan di Kabupaten Kepulauan Meranti," pungkas Irwan.
 
Sementara itu Plt Sekda Kepulauan Meranti Yulian Norwis SE MM, kepada media menegaskan akan mengemban amanah itu sebaik-baiknya. Agar semua itu terwujud dia berharap kerjasama dari seluruh pihak.
 
"Jika kita bekerjasama dengan saling bahu-membahu membangun Kepulauan Meranti, hanya dengan dukungan semua pihak semua dapat terwujud," terangnya yang berjanji akan membenahi pula masalah disiplin pegawai.
 
Selain itu ia juga akan menggesa Ranperda APBD Perubahan dengan target satu minggu kedepan tuntas. "Dalam minggu ini kita akan berupaya untuk menuntaskan APBD-P, sehingga dapat disahkan DPRD dan digunakan dalam rangka menggesa pembangunan," jelas suami Iriani seorang dokter yang menjabat di Kementerian Kesehatan RI.
 
Sekedar informasi, kedepan untuk menduduki jabatan Sekda Defenitif Pemda Kepulauan Meranti akan menggelar assessment secara terbuka, meski begitu Bupati juga yakin mantan Kepala Dinas Pertanian, Peternakan dan Ketahanan Pangan Kepulauan Meranti ini mampu lulus dan menjabat Sekda Defenitif.
 
Acara serah terima jabatan Sekda ditutup dengan penyampaian ucapan selamat dan salam-salaman yang diawali oleh Bupati beserta istri dan diikuti oleh tamu undangan lainnya. (max/mcr)
 


Berita Lainnya

Index
Galeri