Wabup Khairizal Minta Musda KNPI Jadi Momentum Mempersatukan Pemuda

Wabup Khairizal Minta Musda KNPI Jadi Momentum Mempersatukan Pemuda
Wakil Bupati Inhu, H Khairizal.
RENGAT - Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Indragiri Hulu menggelar musyawarah daerah (Musda) ke XIII di Gedung Sejuta Sungkai Rengat, Jumat (2/9/2016). Musda KNPI Inhu ini dibuka Ketua DPD KNPI Riau Ari Nugroho Arsyadianto dan dihadiri Wakil Bupati Inhu H Khairizal.
 
Turut hadir pada pembukaan Musda tersebut, Forkopimda Kabupaten Inhu, para pejabat dilingkungan Pemkab Inhu, pengurus KNPI Riau, pengurus KNPI Kabupaten Inhu serta ketua dan pengurus Organisasi Kepemudaan (OKP) di Kabupaten Inhu.
 
Ketua Panitia Pelaksana, Subhan Donal dalam laporannya menyampaikan bahwa sebelum Musda digelar, KNPI Kabupaten Inhu telah lebih dahulu melaksanakan sejumlah tahapan diantaranya pendaftaran dan verifikasi Organisasi Kepemudaan serta pendaftaran calon Ketua KNPI Kabupaten Inhu.
 
“Dari hasil verifikasi ditetapkan ada 14 OKP dan 14 Pengurus Kecamatan KNPI Kabupaten Inhu. Sedangkan saat pendaftaran calon ketua, hanya satu orang yang mendaftar atas nama Danil Eka Perdana,” ucapnya.
 
Subhan Donal juga menyampaikan bahwa Musda KNPI Kabupaten Inhu ini diharapkan menjadi titik awal untuk membangun sinergitas pemuda di Kabupaten Inhu dengan pemerintah. Sehingga pemuda mampu berperan dalam pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Inhu.
 
Sementara itu, Ketua KNPI Riau Ari Nugroho Arsyadianto menyampaikan bahwa KNPI Kabupaten Inhu merupakan daerah ke 11 di Provinsi Riau yang telah menyelenggarakan Musda. Kedepan akan dilanjutkan dengan beberapa daerah lain sehingga konsolidasi organisasi KNPI di Provinsi Riau dapat berjalan baik.
 
“Konsolidasi organisasi merupakan prioritas utama yang kita laksanakan. Dengan segala dinamikanya, saya berharap konsolidasi organisasi ini dapat berjalan baik di seluruh kabupaten dan kota,” ucapnya.
 
Ari juga berharap jajaran Pemkab Inhu dapat bersinergi dengan pemuda sehingga mampu berperan dalam pelaksanaan pembangunan. Selain itu, ia juga minta agar Ketua KNPI Kabupaten Inhu terpilih merupakan sosok mumpuni dan siap dengan segala konsekuensinya, termasuk pengorbanan secara materi. “Saya juga minta agar KNPI dibangun atas dasar kekeluargaan, bukan pertentangan dan permusuhan,” tegasnya.
 
Sementara itu, Wakil Bupati Inhu H Khairizal yang membacakan pidato Bupati H Yopi Arianto mengucapkan selamat datang kepada Ketua DPD KNPI Riau Ari Nugroho Arsyadianto berserta rombongan di Kabupaten Inhu. “Saya juga mengucapkan selamat ulang tahun untuk Ketua KNPI Riau yang hari ini berulang tahun,” ucapnya.
 
Wabup berharap Musda KNPI Kabupaten Inhu mampu menorehkan tinta emas bagi kemajuan pemuda dan dapat merumuskan berbagai program kerja yang benar-benar berorientasi bagi kepentingan masyarakat.
 
“Tunjukkanlah bagaimana berdemokrasi yang sesungguhnya, berpikir rasional serta memegang teguh etika dan moral. Apalagi dalam tubuh KNPI berhimpun seluruh organisasi kepemudaan, yang mempunyai tujuan serta kepentingan beragam, sehingga Musda ini dapat dijadikan momentum mempersatukan pemuda di Kabupaten Inhu,” jelasnya.
 
Selain itu, Wabup minta agar KNPI Kabupaten Inhu tetap berpegang teguh pada fungsi utamanya sebagai organisasi kepemudaan dan kemasyarakatan, menggali serta mengembangkan segenap potensi pemuda untuk kepentingan pembangunan, meningkatkan persatuan dan kesatuan, serta mengesampingkan unsur primordialitas dan etnisitas, sekaligus menjadikan perbedaan sebagai perajut harmonisasi di tengah kehidupan masyarakat kita yang pluralistik. (max/hms)
 


Berita Lainnya

Index
Galeri