Pengembangan Pantai Solop Sukses, Puluhan Siswa SDN 032 Pulau Cawan Malah Terabaikan

Pengembangan Pantai Solop Sukses, Puluhan Siswa SDN 032 Pulau Cawan Malah Terabaikan
Kondisi Sekolah SDN 032 di lokasi Pantai Solop, Pulau Cawan, Kecamatan Mandah sangat memprihatinkan

TEMBILAHAN - Upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Indragiri Hilir (Inhil) dalam mengembangkan Pantai Solop yang terletak di Desa Pulau Cawan, Kecamatan Mandah, sebagai salah satu destinasi objek wisata terbilang sukses dan patut diacungi jempol.

Pantai yang terbentuk dari seresah fosil biota laut seperti kerang dan sejenisnya itu, beberapa bulan terakhir selalu ramai pengunjung. Libur lebaran Idul Fitri kemarin saja, jumlah pengunjung mencapai delapan ribu.

Namun sayangnya, raihan ini berbanding terbalik dengan apa yang dirasakan oleh siswa SDN 032 yang berada di sana. Pasalnya, sarana dan prasarana penunjang proses belajar mengajar sekolah tersebut,  masih sangat memprihatinkan.

Camat Mandah Umar Hamdi saat dikonfirmasi menjelaskan sekolah yang digunakan siswa untuk belajar saat ini kondisinnya masih menumpang bangunan milik warga setempat.

"Karena lokasi sekolah yang lama jauh dari pemukiman warga dan Sekolah sebelumnya juga sudah rusak parah tak bisa lagi dipakai, jadi sekitar dua tahun lalu dipindahkan ke lokasi yang sekarang ini di usung pantai solop," ujar melalui sambungan selulernya, Selasa (9/8/2016).

Dari informasi yang dihimpun, diperkirakan luas bangunan sekolah hanya berukuran sekitar 4 x 7 meter, yang terbagi menjadi dua ruang kelas dan memiliki 4 bangku serta kursi panjang.

Kemudian Camat menambahkan pihaknya juga telah berusaha mengajukan usulan untuk gedung sekolah kepada pemerintah daerah (Pemda) seperti pada saat Musrenbang kecamatan.

"Bukan sekolah  itu saja, msih banyak sekolah lain yang kondisinnya juga memprihatinkan. Tapi bagaimana lagi usulan yang kita ajukan diterima atau tidaknya itu tergantung pihak Kabupaten (Pemkab Inhil, red) yang menilai mana lebih prioritas segera dilaksanakan," imbuhnya.

Hal senada juga diungkapkan , Kepala Desa Pulau Cawan Sa'id Hairul. Ia mengatakan usulan pembangunan gedung sekolah sudah dilakukan, namun ia kecewa hingga kini belum ada respon dan realisasi.

"Kita sudah mengusulkan, akan tetapi belum ada bantuan yang nyata. Saya berharap secepatnya direalisasikan," imbuhnya. (Andy Fikry) 


Berita Lainnya

Index
Galeri