Cegah DBD, Koramil 03/Tempuling Lajukan Fogging

Cegah DBD, Koramil 03/Tempuling Lajukan Fogging
Koramil 03/Tempuling lakukan fogging upaya mencegah penyebaran DBD

TEMBILAHAN - Mencerah penyebaran penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD), Koramil 03/Tempuling bersama Puskemas Kecamatan Kempas kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) melakukan fogging di lingkungan masyarakat setempat, (2/8/2016).

"DBD masih mewabah, apalagi di musim yang tak menentu seperti sekarang ini," sebut Koramil 03/Tempuling, Sertu Sukijan.

Tidak hanya itu dia juga menerangkan, DBD merupakan suatu penyakit yang disebabkan oleh virus dengue yang penularannya disebarkan oleh nyamuk Aedes Aegypti. Untuk itu, lanjutnya, langkah yang dapat dilakukan untuk mencegah penyebaran DBD adalah dengan memotong siklus penyebarannya dengan memberantas nyamuk tersebut.

"Pemberantasan nyamuk Aedes Aegypti sebagai vektor penular DBD dapat dilakukan dengan cara Fogging, yaitu pengasapan untuk membunuh nyamuk dewasa," paparnya.

Selain melakukan fogging pihaknya juga melakukan pencegahan dan pembunuhan nyamuk dengan cara Abatisasi, yaitu penaburan abate dengan dosis 10g untuk 100 liter air pada tampungan air yang ditemukan jentik nyamuk serta penyuluhan 4M, penggerakan masyarakat dalam Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dengan 4M, yaitu menguras, menutup tampungan air dan mengubur barang-barang bekas yang dapat menjadi sarang nyamuk dan memantau. (Hadi)

 


Berita Lainnya

Index
Galeri